logo HJB

Makna Tema dan Logo Hari Jadi Bogor

BOGOR-KITA.com, BOGOR – Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bogor Atep Budiman mengatakan, tema yang diangkat dalam HJB ke-538 adalah “SAHITYA RAKSA BARAYA” yang diambil dari Bahasa Sansekerta dan Sunda.

“SAHITYA mengandung makna solidaritas atau gotong royong, RAKSA mengandung makna menjaga, melindungi, menyayangi, memelihara dan BARAYA mengandung makna saudara atau kerabat atau sesama,” ujar Atep dalam keterangan diterima BOGOR-KITA.com, Selasa (2/6/2020).

“Sehingga SAHITYA RAKSA BARAYA dimaknai sebagai solidaritas untuk saling menjaga, memelihara, menyayangi, dan melindungi sesama warga Kota Bogor dengan keimanan dan kebersamaan melawan Covid-19,” tambahnya.

Untuk logo, kata Atep, ditampilkan salah satu ikon Kota Bogor, yakni rusa atau uncal. “Rusa mencerminkan hewan elegan yang mampu mengatasi berbagai masalah dengan kemurnian hatinya. Rusa juga dikenal sebagai hewan yang menonjolkan kegesitan ketika berlari,” katanya.

Di tanduk rusa tersebut juga tampak membentuk angka 538 sebagai simbol pertarungan dalam kondisi pandemi di tengah HJB tahun ini.

“Angka 538 tersebut juga diapit oleh dua bilah kujang yang memiliki simbol bahwa Bogor merupakan Ibukota kerajaan Pakuan Pajajaran. Selain itu bagi masyarakat Sunda, kujang lebih dari sekadar senjata. Kujang kerap diartikan sebagai identitas, jati diri, simbol pemersatu, dan berkaitan dengan kehidupan manusia yang hakiki terhadap Tuhannya dan alam semesta ini. Sedangkan pemakaian masker pada Rusa tersebut sebagai bentuk pengingat kepada warga untuk selalu menggunakan masker,” tandasnya.

Wilujeng Milangkala, Dirgahayu Kota Bogor ke-538. [] Hari


TAG

Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *