Laporan Utama

Kick-Off Liga 1 Diundur Sepekan Lagi, Jadi 27 Agustus

BOGOR-KITA.com, BOGOR – Jadi pemain sepak bola di Indonesia harus bersabar. Pasalnya kick-off Liga 1 Indonesia 2021/2022 mengalami pengunduran jadwal lagi satu pekan.

Tadinya kompetisi sepak bola tertinggi di tanah air ini bakal mulai digelar pada 20 Agustus, namun belakangan setelah pertemuan PSSI, Menpora, Polri dan Satgas Covid-19 diundur menjadi 27 Agustus 2021.

Pengumuman resmi ini diucapkan langsung oleh Menpora Zainudin Amali melalui konferensi virtual, Senin (9/8/2021) siang. “Setelah diskusi itu disepakati dimulainya Liga 1 pada 27 Agustus dan Liga 2, dua pekan setelahnya,” ujar Zainudin Amali.

“Keputusan ini setelah melihat penurunan yang signifikan dan pemberlakuan PPKM mikro atau yang sekarang dengan level tertentu,” tambah Menpora.

Baca juga  2021, Kelurahan Sindangsari Kota Bogor Berlari dengan Program Kampung Perca dan Taman Cai

Menurut Menpora, dari pertemuan ini tidak ada yang keberatan dengan kesepakatan tersebut. Pihaknya juga sudah berkomunikasi dengan pihak-pihak terkait seperti PSSI.

“PSSI tidak keberatan dengan apa yang kita putuskan itu. Sehingga secara teknis mereka akan segera mempersiapkan,” jelas Amali.

Terkait dengan lokasi, Amali mengatakan PSSI dan LIB akan menentukan dan memilih tempat yang penyebaran COVID-19 di level yang rendah. Menpora, PSSI, LIB, BNPB dan Polri sepakat Liga 1 diputar di wilayah berstatus COVID-19 dua ke bawah.

Level dua berarti kasus COVID-19 di daerah tersebut 20-50 orang per 100 ribu penduduk setiap pekan, kondisi rawat inap 5-10 orang per 100 ribu penduduk per pekan dan angka kematian kurang dari dua orang per 100 ribu penduduk.

Baca juga  Pemkot Bogor Terbitkan Perwali Optimalisasi Penyelenggaraan Keadilan Restoratif

“Yang penting untuk klub dan pemain sudah ada tanggal. Makanya saya umumkan resmi atas persetujuan pihak-pihak terkait yaitu tanggal 27 Agustus,” ujar Amali.

Soal tata cara penyelenggara pertandingan Liga 1, menurut Amali akan merujuk berdasarkan pengalaman menggelar turnamen Pramusim Piala Menpora. “Kita sudah punya pengalaman di Piala Menpora tentang bagaimana prokes dan penanganan pemain menjelang dan usai pertandingan,” tutur Amali. [] Anto

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terpopuler

To Top