Pendidikan

Kampus Merdeka, IPB Tinggalkan Kurikulum 2014 Masuk 2020

BOGOR-KITA.com, DRAMAGA –  IPB University mengubah sistem pembelajaran untuk mahasiswanya. Kurikulum lama tahun 2014 diganti dengan kurikulum 2020 (K2020). Perubahan ini sekaligus merespon konsep Kampus Merdeka dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan memperbarui pedoman penulisan karya ilmiah untuk sivitas IPB University.

Dalam rilis dari IPB University kepada BOGOR-KITA.com, Senin (7/9/2020) disebutkan, pembaruan buku pedoman ini merespon pendidikan IPB 4.0 for tommorow people dan reorientasi kurikulum 2014 menjadi kurikulum 2020. Reorientasi ini dilakukan dengan membuat seminar internalisasi buku pedoman karya ilmiah untuk mahasiswa yang diselenggarakan oleh Kantor Manajemen Mutu dan Audit Internal (KMMAI) IPB University pada (5/9/2020) dan diikuti oleh 941 peserta dari mahasiswa.

Dalam sambutannya, Dr Ibnul Qayim, Kepala Kantor Manajemen Mutu dan Audit Internal (KMMAI) IPB University menyebutkan bahwa IPB University merupakan pelopor dalam hal pembukuan pedoman penulisan karya ilmiah. Pedoman yang diterbitkan kali ini merupakan edisi revisi yang keempat. Revisi terbaru ini mengintegrasikan seluruh pedoman penulisan karya ilmiah tiap jenjang.

Baca juga  6 Ribu Siswa SD Menulis Puisi Serentak di Acara Gebyar Pendidikan  

“Pada edisi ini kita masukan pedoman untuk semua jenjang di IPB University. Kegiatan internalisasi ini dilakukan untuk mahasiswa dan dosen. Tujuannya adalah setiap akademisi di IPB University bisa memiliki standar baku dalam menulis karya ilmiah. Kami berharap penggunaannya bisa dijalankan secara maksimal. Buku pedoman ini sudah bisa diakses edisi elektronik dan cetak,” ungkap Dr Ibnul Qayim.

Menurutnya pedoman ini penting untuk menyikapi kurikulum 2020 dan kebijakan Kemendikbud tentang Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka (MBKM). Tim penyusun sudah memasukkan aktivitas penulisan laporan akhir untuk mencirikan kebutuhan MBKM. Di dalamnya sudah ada format tulisan untuk magang, Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dan studi pustaka.

“Pedoman ini awalnya disusun tahun 1996 semula hanya digunakan untuk Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) dan kemudian dikembangkan untuk skala IPB University. Sedangkan edisi ketiga revisinya sekitar tujuh tahun lalu di 2013. Kini edisi keempat penyusunnya adalah dosen berbagai fakultas. Kami ucapkan terima kasih kepada tim dan semua pihak yang telah bekerja dengan dedikasi yang luar biasa,” tutup Dr Ibnul Qayim.

Kegiatan ini turut mengundang enam pemateri yang merupakan tim penyusunan buku pedoman yaitu Dr Eka Intan Kumala Putri yang menjelaskan Etika dalam Penelitian dan Penulisan Karya Ilmiah, Dr Nunung Kusnadi tentang Sistematika Karya Ilmiah,  Dr Defina membahas Kebahasaan dan Ir Djoko Projono tentang Angka, Lambang, Istilah dan Tata Nama Ilmiah. Selanjutnya Dr Ence Darmo Jaya Supeno tentang Ilustrasi. Terakhir adalah Dr Ekawati Sri Wahyuni tentang Pengutipan Pustaka dan Penyusunan Daftar Pustaka. [] Admin

Baca juga  Kader PMII : Kampus Netral dari Politik Sebuah Keharusan
Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

32 − = 29

Terpopuler

To Top