Kab. Bogor

Kades di Bogor Banyak Terjerat Hukum, Rudy Susmanto Salahkan Inspektorat

BOGOR-KITA.com, CIBINONG – Ketua DPRD Kabupaten Bogor Rudy Susmanto merespons banyaknya kepala desa (Kades) yang terkena kasus hukum di Bumi Tegar Beriman belakangan ini.

Ia menilai, banyaknya Kades yang berproses hukum itu karena kurangnya pengawasan dari Inspektorat. Sebab, kata dia Kades tidak akan terkena hukum jika pendampingan terus dilakukan Inspektorat.

“Masih banyak beberapa kepala desa yang sedang berproses. Pertama jangan salahkan kepala desa, kita punya inspektorat sebetulnya,” kata Rudy, Selasa (5/12/2023).

“Inspektorat tugasnya bukan untuk memukul, tetapi untuk mendampingi kepala desa yang membutuhkan pendampingan secara administratif atau secara hukum,” lanjut politisi Gerindra itu.

Rudy menyampaikan bahwa gagalnya kepala desa dalam memproses dan mengelola administrasi, merupakan kegagalan Inspektorat dalam melakukan pendampingan.

Baca juga  Erni Sugiyanti Dorong Dinkes Edukasi Masyarakat Cegah Covid-19  

“Kalau semakin banyak kepala desa yang berproses hukum berarti saya anggap inspektorat tidur, gagal,” tegas Rudy.

Sebab, kata Rudy, tidak sedikit Kades yang belum memahami secara menyeluruh administratif, sehingga pengawasan dan pendampingan oleh Inspektorat dibutuhkan.

“Mereka di tingkat paling bawah, mereka butuh pemahaman, mereka butuh diarahkan harusnya buat inspektorat buatlah formulasi-formulasi kebijakan dan DPMD juga membuat beberapa kebijakan-kebijakan untuk melindungi dan mendampingi beberapa kepala desa yang ada di kabupaten Bogor, karena tidak semua kepala desa memahami penuh terkait administratif,” tutup dia.

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top