Kampus IPB Dramaga Bogor.

IPB Perguruan Tinggi Top 100 Dunia 2019

BOGOR-KITA.com –  Institut Pertanian Bogor (IPB) semakin menunjukkan prestasinya sebagai jajaran perguruan tinggi bergengsi tingkat dunia. IPB berhasil menduduki posisi Top 100 Dunia berdasarkan QS World University Ranking by Subject tahun 2019, tepatnya untuk kategori Pertanian dan Kehutanan, yang baru dirilis secara resmi tanggal 27 Februari 2019. Posisi yang sangat membanggakan ini, sesuai dengan mandat utama IPB dalam penyelanggaraan tridarma pendidikan tinggi bidang ilmu pertanian (dalam arti luas), telah dicapai sejak tahun 2016, dan terus berlanjut pada 2017, 2018, dan 2019.

QS World University Ranking by Subject mengeluarkan daftar kampus terbaik sejagat berdasarkan kategori disiplin ilmu/jurusan. Untuk melakukan perangkingan, lembaga riset pendidikan asal Inggis ini mengevaluasi 4.500 perguruan tinggi di dunia pada 48 bidang keilmuan (www.topuniversities.com).

Berdasarkan hasil pemeringkatan tersebut, IPB berada dalam satu grup (Ranking 51 – 100) dengan Yale University, Sydney University, Universitas Putra Malaysia (UPM), Hokkaido University, dan beberapa perguruan tinggi ternama lainnya. Sedangkan di Indonesia hanya dua perguruan tinggi yang masuk dalam pemeringkatan  dalam kategori ini, yaitu IPB berada di urutan pertama dan Universitas Gadjah Mada di urutan ke dua (peringkat 151 – 200).

Sebelumnya, di bulan Desember 2018 lalu, IPB juga meraih Top 40 The Most Sustainable University in the Word dan Peringkat 2 di Indonesia versi UI Green Metric. Di sisi lain, IPB juga mendapat anugerah Widyapadhi Peringkat 1 Nasional sebagai kampus paling inovatif. Penghargaan tersebut diberikan atas upaya IPB dalam mengembangkan inovasi dan komersialisasi inovasi yang dihasilkan. Pada tahun 2018 IPB mencatatkan sebanyak 43 inovasi dalam daftar 100+ inovasi paling prospektif di Indonesia. Hal ini menegaskan reputasi dan prestasi IPB yang dalam menghasilkan karya akademik (publikasi dan inovasi) yang unggul.

Tidak hanya berprestasi di bidang pertanian dan inovasi, IPB juga mendapat penghargaan sebagai PTN Paling Informatif pada Anugerah Keterbukaan Informasi Publik tahun 2018 dari Komisi Informasi Pusat, peringkat terbaik III Kategori Media Sosial PTN-BH pada Anugerah Humas PTN dan LLDikti 2018 oleh Kemenristekdikti, serta peringkat ke-3 Klusterisasi PTN Non Vokasi yang diberikan oleh Kemenristekdikti 2018. [] Admin/rilis IPB



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *