Pendidikan

Ini Kiat SDN Julang Kota Bogor Raih Adiwiyata Nasional

BOGOR-KITA.com – Setelah melalui perjalanan panjang yang penuh perjuangan, akhirnya SD Negeri Julang berhasil meraih penghargaan Adiwiyata Nasional bersama 3 sekolah lainnya di Kota Bogor. Penghargaan ini tidak saja menjadi prestasi tersendiri bagi SD Negeri Julang tetapi turut pula mengharumkan nama Kota Bogor.

Kepala Sekolah SD Negeri Julang, Indah R mengatakan, penghargaan ini merupakan buah dari kerja sama dan kerja keras seluruh warga sekolah serta dukungan dari semua pihak terkait. “Alhamdulillah berkat kerja keras seluruh warga sekolah Adiwiyata Nasional bisa kami raih,” kata Indah di Bogor Kamis (17/12/2015). Ditambahkannya yang terpenting bukan piala atau penghargaannya, tetapi bagaimana predikat Adiwiyata Nasional ini betul-betul mencerminkan kepribadian anak-anak yang memiliki kepedulian terhadap lingkungan.

Baca juga  Bahas Program, Korpri Kota Bogor Gelar Raker

Selanjutnya dijelaskan Indah, persiapan yang dilakukan SD Negeri Julang untuk bisa mencapai Adiwiyata Nasional cukup panjang. Diawali dari terpilihnya Adiwiyata Kota pada tahun 2012, yang kemudian dilanjutkan dengan penilaian di tingkat Propinsi sampai tahun 2015. Dalam penilaian ini SD Negeri Julang harus bisa memenuhi 4 kriteria Adiwiyata Nasional, kebijakan sekolah, kurikulum, sarana dan prasarana serta partisipatif warga sekolah.

Ke-4 kriteria itu disebutkan Indah ditindak lanjuti sekolah dengan pertama membuat kebijakan pelestarian lingkungan seperti bagaimana sekolah bisa bersih, bisa menanam tanaman, dan tanaman bisa disiram. Kedua, membuat kurikulum pelestarian lingkungan yang kebetulan sesuai dengan visi SDN Julang yaitu terwujudnya warga sekolah yang berahlak mulia, cerdas, kreatif dan peduli lingkungan. Sedangkan untuk kriteria ketiga yaitu sarana dan prasarana, seperti wastafel, tempat wudhu, meja dan kursi yang nyaman didapatkan dari warga sekolah, instansi dan dinas terkait serta donatur secara pribadi.

Baca juga  Usmar Pimpin Pengambilan Sumpah Janji 323 PNS Kota Bogor

Untuk kriteria terakhir, partisipatif warga sekolah diakui Indah mungkin baru sebagian kecil. “Mungkin kalau seluruh warga sekolah SDN Julang bekerja bersama-sama hasilnya akan lebih optimal,” imbuhnya. “Kedepan kami semua diharapkan bisa tetap bersatu bergandengan tangan untuk mempertahankan dan lebih memajukan lagi menuju Adiwiyata Mandiri,” pungkasnya. [] Admin

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top