Kab. Bogor

Ini Daftar 23 Desa di Kabupaten Bogor Berisiko Tinggi Terpapar Covid-19

BOGOR-KITA.com, CIBINONG – Kecamatan yang menjadi konsentrasi kejadian positif covid-19 di Kabupaten Bogor adalah wilayah yang berasosiasi dengan akses transportasi utama wilayah Bogor – DKI Jakarta.

Akses utama tersebut meliputi jalur kereta (KRL), jalan arteri (Jl. Raya Jakarta-Bogor), maupun jalan tol (Jagorawi).

Dengan demikian maka, pola konsentrasi spasial kejadian positif yakni dominan berada pada wilayah yang dilintasi akses transportasi menuju dan dari DKI Jakarta.

Demikian hasil analisa ini dilakukan oleh Nugroho Purwono dan Ratna Sari Dewi selaku anggota Tim Penyiapan Data dan Informasi Geospasial Tematik Corona Virus Disease 2019, Badan Informasi Geospasial (BIG) yang dibentuk melalui Keputusan Kepala BIG No 21 tahun 2020.

Baca juga  Paradigma Transportasi Perlu Diubah

Kepala Bidang Pemetaan Kebencanaan dan Perubahan Iklim-BIG, Ferrari Pinem mengatakan, analisa yang dilandaskan pada jumlah kejadian positif terkonfirmasi di setiap wilayah desa/ kelurahan di Kabupaten Bogor pada rentang waktu 64 hari, yaitu tanggal 7 Maret 2020 sampai dengan 14 Mei 2020 itu, juga menyimpulkan bahwa risiko tinggi covid-19 di Kabupaten Bogor merupakan wilayah dengan tingkat kepadatan penduduk yang sangat tinggi.

Hal ini dapat terlihat jika disandingkan dengan data kepadatan penduduk di mana titik konsentrasi kejadian berada pada desa/kelurahan yang sebagian besar memiliki kepadatan penduduk >100 jiwa per hektar atau lebih besar dari 100 jiwa per hektar.

Berdasakan hal ini,  BIG menyimpulkan 23 desa di Kabupaten Bogor yang memiliki risiko tinggi terpapar covid-19.

Baca juga  Jokowi Bertemu 5 Gubernur Perkuat Penanganan Covid-19 di Tingkat RT RW

Daftar 23 Desa tersebut sebagai berikut:

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

[] Hari

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top