Kepala Stasiun Meteorologi Citeko Bogor, Asep Firman Ilahi.

Hujan Ekstrim Berpeluang Terjadi di Bogor, Berpotensi Banjir Bandang

BOGOR-KITA.com, CITEKO –  Hujan masih akan turun sampai 5 hari ke depan di Kota dan Kabupaten Bogor. Hujan ekstrim berpeluang sangat besar. Masyarakat di sekitar bantaran kali perlu waspada karena hujan ekstrim berpotensi menimbulkan banjir bandang.

Peringatan ini dikemukakan Kepala Stasiun Meteorologi Citeko Bogor, Asep Firman Ilahi kepada BOGOR-KITA.com, Rabu (23/9/2020) sore.

Asep mengatakan, pada saat-saat sekarang Bogor dan sekitarnya sudah memasuki masa transisi (pancaroba), yaitu peralihan musim kemarau ke musim hujan.

“Pada masa seperti ini peluang terjadinya hujan ekstrem sangat besar. Hujan ekstrem ditandai dengan hujan lebat dengan intensitas >100 mm/hari. Hujan juga biasanya disertai dengan angin kencang dan petir bahkan terjadi hujan es (hail),” kata Asep.

Asep mengatakan, prakiraan ini perlu diwaspadai oleh masyarakat yang berada pada bantaran kali/sungai karena berpotensi menimbulkan banjir bandang, juga potensi pohon tumbang dan sambaran petir.

Asep tidak menyebut kapan kira-kira hujan ekstrim akan terjadi.

Yang jelas, katanya, menurut prakiraan  cuaca kami, dalam 5 hari ke depan, cuaca di Kota dan Kabupaten Bogor terjadi hujan ringan hingga lebat.

Baca juga  3 Anak Muda Bogor Gagas Pembuatan Mobil Wisata

Untuk prakiraan besok (Kamis hingga Jumat), kata Asep lagi, diprakirakan hujan ringan hingga sedang. Sementara hari Sabtu diprakirakan hujan sedang lebat. Hari Minggu dan Senin diprakirakan ringan hingga sedang.

“Kemungkinan hari Sabtu hujan sedang-lebat untuk diwaspadai,” kata Asep memperingatkan.

Dalam catatan BOGOR-KITA.com, hujan turun beberapa terakhir. Pada Rabu (23/9/2020) sore, bahkan terjadi hujan es disertai angin kencang. [] Hari



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *