Zuhair, mahasiswa IPB University pencipta Gen Unggul (Gen U).

Gen Unggul, Fasilitas Konseling Online Ciptaan Mahasiswa IPB

BOGOR-KITA.com, DRAMAGA – Mahasiswa Departemen Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Manajemen (FEM) IPB University, Rahmat Zuhair meraih Juara 3 Lomba Esai Nasional Guidance & Counseling Fest di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Banten, belum lama ini.

Dalam lomba yang diikuti mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi ini, Zuhair menulis esai dengan judul “Gen Unggul (Gen U): Sarana Bimbingan dan Konseling melalui Official Account Line dengan Pendekatan Gestalt.”

“Gen U ini diharapkan dapat menjadi media untuk mahasiswa dan siswa yang notabenenya sering menggunakan Line agar dapat sekaligus melakukan konseling online dengan konselor yang mumpuni di bidangnya,” terang Zuhair, mahasiswa penerima beasiswa Afirmasi Dikti Daerah Tertinggal, Terdepan, terluar (3T) dalam siaran pers yang diterima BOGOR-KITA.com, Jumat (6/12/2019).

Ide membuat Gen U muncul karena keresahannya terhadap perilaku mahasiswa dan siswa yang belum terlalu mengetahui tujuan hidup ke depan. Ia juga melihat banyaknya mahasiswa yang stress dengan laporan praktikum maupun tugas kuliah sehingga membutuhkan pendamping untuk menjaga kestabilan kondisi psikis.

“Saya senang sekali dapat ikut andil dalam menawarkan ide terkait inovasi bimbingan konseling di era 4.0 ini. Walaupun saya mahasiswa ekonomi tetapi tidak menutup kemungkinan untuk dapat menyusun naskah esai tentang bimbingan dan konseling,” jelas Zuhair.

Ia mengaku pembuatan Gen U  merupakan hasil dari proses pembelajaran sejak masih di Program Pendidikan Kompetensi Umum (PPKU) IPB University yang saat itu sistem belajarnya masih menyeluruh.

Zuhair menyampaikan selama mengikuti lomba terdapat tantangan-tantangan yang perlu dihadapi dan diselesaikan, terutama dalam mendefinisikan istilah-istilah yang ada dalam bimbingan dan konseling. Menurut Rahmat, tantangan ini dapat diatasi dengan banyak membaca jurnal-jurnal terkait konseling di Repository IPB maupun sumber lain yang kredibel.

“Saya harap dengan adanya inovasi Gen U di Line dapat membuat mahasiswa dan siswa lebih peduli terhadap kesehatan psikis masing-masing dan juga tidak menggunakan waktu untuk menjadikan media Line sebagai media untuk membicarakan keburukan orang lain dan bahan candaan semata,”  tutup Zuhair. [] Admin

 



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *