Pondok Wisata Empang Emak Niyah di Kampung Padurenan Tiga RT 2 RW 01 Desa Padurenan Kecamatan Gunungsindur, saat ini telah berkembang menjadi salah satu lokasi destinasi wisata alam yang menarik bagi masyarakat sekitar

Empang Emak Niyah, Destinasi Wisata Alam dan Pendidikan di Tengah Perkampungan

BOGOR-KITA.com, GUNUNGSINDUR – Dalam memacu pembangunan di wilayah bumi tegar beriman, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor memiliki tagline “sport and tourism” yaitu sebagai kawasan olahraga dan pariwisata.

Sopian Sidik (24), seorang pemuda dari Desa Padurenan, Kecamatan Gunungsindur, menyambut baik tagline tersebut dengan melakukan pengembangan berbagai potensi wisata yang dimilikinya. “Saya bersama teman – teman pemuda membuat Taman Bacaan Masyarakat (TBM) serta Perpustakaan Ceria. Target awal adalah meningkatkan minat baca anak – anak, remaja serta pemuda di wilayah ini,” ungkap Sopian Sidik atau yang biasa akrab dipanggil Cakil, kepada media ini, Minggu (21/6/2020).

Sopian Sidik menjelaskan, kegiatan tersebut menggunakan lahan milik keluarga besarnya yang sebagian besar berbentuk empang (kolam) dan tanah kosong yang berlokasi di Kampung Padurenan Tiga RT 2 RW 01 Desa Padurenan. Seiring waktu dan atas dukungan keluarga, sambung Cakil, lokasi tersebut mulai dikembangkan dengan mendirikan majelis taklim dan pondok – pondok wisata untuk istirahat keluarga. “Kami beri nama lokasi ini pondok wisata Empang Emak Niyah. Jadi di lokasi ini lengkap, ada perpustakaan, taman bacaan masyarakat, majelis taklim. Sekaligus jadi wahana bermain dan wisata alam dengan suasana asri perkampungan,” paparnya.

Cakil yang juga aktif sebagai Ketua Karang Taruna (Katar) Desa Padurenan ini, menambahkan, guna mendukung area pondok wisata tersebut, saat ini juga telah dibuat beberapa wahana bermain serta bangunan dengan pola tradisional berbahan bambu dan bahan alam lainnya. Selain itu, lanjutnya, di lokasi tersebut juga akan dibuat Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM). “Intinya kami ingin para pemuda, anak – anak dan semua masyarakat bisa cerdas, sehat, bahagia dan berkembang kualitas kehidupannya,” pungkas Cakil.

Ketua PK KNPI Gunungsindur Suparman Nurjaman mengaku bangga atas inovasi dan kreativitas yang dilakukan para pemuda di wilayahnya. Dia mengatakan, pondok wisata Empang Emak Niyah, sudah cukup dikenal khususnya di kalangan kawula muda. Lokasi tersebut, sambungnya, juga telah menjadi salah satu destinasi wisata yang banyak dikunjungi masyarakat Kecamatan Gunungsindur bahkan dari kecamatan – kecamatan lain di sekitarnya. “Kami sangat mendukung dan siap membantu para pemuda yang punya gagasan positif, kreatif dan inovatif dalam pengembangan berbagai potensi yang dimilikinya,” ucap Mpay, sapaan akrabnya.[] Fahry



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *