Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor menggelar Pelatihan Pengembangan Sekolah Dasar (SD) Berbasis Karakter (25-27/8/2020)

Disdik Kabupaten Bogor Gelar Pelatihan Pengembangan SD Berbasis Karakter

BOGOR-KITA.com, MEGAMENDUNG – Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor menggelar Pelatihan Pengembangan Sekolah Dasar (SD) Berbasis Karakter bertempat di salah satu hotel di Jalan Raya Puncak.

Dilansir dari laman Disdik Kabupaten Bogor Kamis (3/9/2020), Kepala Seksi Peserta Didik dan Karakter Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor, Ngudiyanta menjelaskan, pelatihan ini bertujuan untuk menyusun rencana kegiatan model penguatan pendidikan karakter di sekolah.

“Terdapat dua tujuan utama dalam kegiatan ini yakni, meningkatkan pemahaman kebijakan di bidang pendidikan di sektor kurikulum 2013, dan memberikan pemahaman terhadap nilai-nilai yang dikembangkan melalui proses hingga strategi impelentasi,” jelasnya.

Lanjutnya, adapun kegiatan ini diikuti sebanyak 40 peserta yang merupakan guru perwakilan dari setiap kecamatan se-Kabupaten Bogor.

“Kegiatan dilaksanakan mulai Tanggal 25-27 Agustus, dengan melibatkan narasumber dari Setda Provinsi Jawa Barat, Dinas Pendidikan Kabupaten Cianjur, dan unsur pendidikan serta Pramuka,” papar Ngudiyanta.

Kepala Bidang Pembinaan SD Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor, Nurjanah mengatakan, melalui kegiatan ini pihaknya berharap seluruh sekolah mampu meningkatkan kualitas kelembagaan berbasis karakter.

Baca juga  Puluhan SD di Kota Bogor Akan Dilebur

“Kami berharap dengan adanya pelatihan ini, tertanamnya pemahaman, pengetahuan sikap dan komitmen tentang pendidikan karakter, memahami pengertian fungsi dan tujuan secara jelas dan mengaplikasinya,” tuturnya.

Sambung Nurjanah, lebih lanjut pihaknya akan melakukan evaluasi pasca pelaksanaan pelatihan ini untuk melihat sejauhmana penerapannya di satuan pendidikan.

“Nantinya kami akan melihat progres penrapan mulai dari penyusunan RTL, Action Plan, silabus dan RPP dengan mengintegrasikan nilai-nilai pendidikan karakter di satuan pendidikan,” tutupnya.

Kegiatan pelatihan ini seluruh pelaksanaannya diatur dan menggunakan protokol kesehatan sesuai dengan anjuran Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bogor. [] Hari



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *