Regional

Desember 2019, 24 Warga di Darangdan Purwakarta Tercatat DBD

BOGOR-KITA.com, PURWAKARTA, – Sepanjang Desember 2019 sebanyak 24 warga Kecamatan Darangdan, Kabupaten Purwakarta tercatat sebagai pasien Suspek demam berdarah dengue (DBD). Demikian disampaikan Dokter Aef Alfullaili, selaku penangungjawab rawat DPT/rawat inap UPTD Puskesmas Kecamatan Darangdan saat ditemu di ruang kerjanya, Jumat (17/1/2020).

Sementara untuk di Januari 2020 pihaknya mengaku belum bisa menyebut secara rinci. Namun, kata dia, ada sejumlah pasien suspek DBD yang saat ini tengah dirawat di Puskesmas Darangdan.

“Belum bisa dipastikan positif DBD, karena trombositnya masih naik turun,” ungkap Dokter Aef.

Aef menyebut, berdasarkan hasil survei Desa Linggamukti, Kecamatan Darangdan, Purwakarta menjadi salah satu wilayah dengan jentik nyamuk terbanyak. Hal itu dipicu akibat banyaknya genangan air bersih di sekitaran rumah warga.

“Genangan air bersih ini merupakan wahana atau tempat strategis berkembang biaknya nyamuk Aedes Aegyfti,” ujarnya.

Selain melaksanakan pemeriksaan jentik nyamuk ke setiap desa, tambah dia, pihaknya juga terus melakukan penyuluhan salah satu penyakit mematikan tersebut.

“Intinya DBD ini kembali lagi kepada kepedeulian masyarakat terhadap lingkungan di sekitarnya,” jelasnya.

Baca juga  Paragliding World Championship Ditutup, Ridwan Kamil Apresiasi Pemkab Sumedang

Dengan demikian, agar terhindar dari DBD Dokter Aef mengimbau masyarakat agar lebih proaktif memperhatikan kondisi lingkungan sekitar.

“Salah satunya dengan menga melakukan pmberantasan sarang nyamuk (PSN) melalui 3M Plus, yakni menutup, mengubur dan menyingkirkan,” pungkasnya. [] Heru

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

− 3 = 3

Terpopuler

To Top