Kab. Bogor

Desa Kemang Alokasikan 50 Persen APB-Des untuk Peningkatan Ekonomi Warga

Kepala Desa Kemang, Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor. Entang Suana

BOGOR-KITA.com, KEMANG – Desa Kemang di Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor pada tahun anggaran 2021 ini akan fokus pada upaya peningkatan ekonomi warga.

“APB-Des (Angaran pendapatan dan Belanja Desa) akan dialokasikan 50 persen untuk sektor peningkatan ekonomi warga, sektor infrastruktur 25 persen dan sisanya untuk sektor lain seperti penerangan, kesehatan pendidikan dan lainnya,” kata Kepala Desa Kemang Entang Suana, Kamis (28/1/2021).

Fokus peningkatan ekonomi warga itu, kata Entang Suana, untuk menjawab keadaan warga yang tidak sedikit berhenti bekerja karena terkena pengurangan pegawai/karyawan akibat pandemi covid 19.

Dikatakan, untuk peningkatan ekonomi itu,  akan ada program bantuan permodalan dan pemasaran produk bagi pelaku UMKM melalui BUMDES, serta program tabungan masyarakat desa melalui Karang Taruna.

Baca juga  Jubir Covid-19 Kabupaten Bogor: Positif 51, Gunungputri Terbanyak, 11 orang

Terkait infrastruktur, Entang mengatakan, Desa Kemang sudah cukup bagus.

“Alhamdulillah pembangunan sektor nfrastruktur di Desa Kemang sudah hampir 85 persen. Makanya kami akan fokus di sektor pemberdayaan ekonomi,” katanya.

Sekretaris Desa Kemang, Rahmat menambahkan, Desa Kemang sudah mendapat klasifikasi desa mandiri.

Pemdes Kemang saat ini mulai mengusung tagline Desa Kemang Seksi yaitu seksi karena letaknya strategis, masyarakatnya hidup rukun dan harmonis, ramah, santun dan baik hati.

Seksi dengan Selalu gotong royong membangun desa dan mewujudkan panca karsa. Ekspektasinya menjadikan masyarakat sejahtera, Kreatif dan Inovatif dalam setiap berkarya. Setiap langkah dan usahanya senantiasa diawali dengan do’a serta Iman dan taqwa menjadi landasan utama.

Baca juga  Puncak HPN 2021 Ditandai Penyerahan Trofi kepada 10 Kepala Daerah Penerima Anugrah Kebudayaan PWI

“Mari kita bangun Desa Kemang dengan ekonomi kreatif dan inovatif serta melestarikan alam untuk generasi mendatang. Berkarya hari ini, berguna untuk masa depan. Kudu silih asih, silih asah, jeung silih asuh,” pungkas Rahmat. [] Fahry

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top