Kota Bogor

Dari Bogor ke PIK Naik Transportasi Umum, Ini Caranya

BOGOR-KITA.com, BOGOR – Kesibukan yang terus-menerus dalam menghadapi rutinitas sehari-hari merupakan tantangan yang tidak terhindarkan bagi banyak orang, termasuk saya sebagai seorang mahasiswa.

Terjebak dalam kegiatan yang tiada henti, membuat saya sering memiliki keinginan untuk sejenak menjauh dari rutinitas keseharian, hanya untuk merehatkan pikiran dan menyegarkan kembali semangat dalam diri. Berlibur, meskipun hanya sehari, tentunya menjadi dambaan yang membara di tengah kesibukan yang melanda. Keinginan untuk dapat merasakan pesona pantai atau laut lepas di tengah kesibukan di Kota Bogor tentunya menjadi kesulitan tersendiri.

Keinginan untuk Melarikan Diri dari Rutinitas Kota Bogor

Kota Bogor, memang jauh dari pantai atau laut. Keadaan geografis ini kadang-kadang membuat saya merasa terbatas dalam mencari tempat yang dapat memberikan suasana pantai yang menenangkan. Namun, kenyataan mengejutkan kota Jakarta yang tidak jauh dari kota Bogor, sebagai kota yang sibuk, menyimpan keindahan tersembunyi di tengah keramaian kotanya. Rasa heran muncul ketika saya mengetahui adanya tempat yang tak hanya memadukan kekayaan sejarah namun juga menampilkan modernitas yang memukau. Dengan semangat dan rasa penasaran, mari ikuti jejak perjalanan saya menuju Pantai Indah Kapuk (PIK), atau yang akrab disingkat sebagai PIK, merupakan suatu destinasi yang menjadi perbincangan hangat di telinga masyarakat.

Baca juga  Anggota DPRD Jabar Harap Lelang TPPAS Legok Nangka segera Selesai

Perjalanan dari Kota Bogor ke PIK

PIK, terbagi menjadi dua kawasan yang saling berdekatan, yaitu PIK 1 dan PIK 2, menawarkan perpaduan keindahan dan keunikan yang tak terlupakan. Untuk mencapai keindahan ini dari kota Bogor, saya memilih menjelajahi perjalanan dengan jarak tempuh sekitar kurang lebih 70 km menggunakkan kereta commuter line (KRL), dimulai dari kedatangan saya di Alun-alun Kota Bogor pada pukul 11.00 pagi. Perjalanan awal yang dimulai dengan berjalan 10 menit kearah stasiun Bogor, saya sampai ke tujuan awal di Stasiun Bogor yang akan menjadi sebuah jembatan pertama menuju petualangan yang indah ini. Pada pukul 11.10 WIB, kini saya telah beralih untuk menuju kereta dengan jurusan Jakarta Kota.

Menggunakan kereta jurusan terakhir Jakarta Kota, membuat saya harus melewati 24 stasiun sebelumnya untuk dapat sampai pada pukul 12.31 WIB di stasiun Jakarta Kota, perjalanan dengan kurun waktu satu jam empat puluh satu menit tentunya bukanlah hambatan yang signifikan, mengingat waktu yang relatif singkat tersebut. kita dapat menikmati perjalanan, menyerap pemandangan sekitar, dan merasakan pengalaman baru yang mungkin dapat muncul di sepanjang jalan. Selain itu, durasi tersebut juga memberi kesempatan bagi kita untuk bersantai, merenung, atau bahkan dapat merencanakan hal-hal penting yang akan dilakukan setibanya di tujuan.

Baca juga  Mendagri Resmikan 3 DOB di Papua

Sesampainya di Stasiun Jakarta Kota saya langsung disuguhkan dengan, suasana sejarah menyambut saya di depan stasiun karena, pada saat keluar dari statiun tersebut langsung ditujukan pada keindahan wisata Kota Tua, terdapat banyak arsitektur dan bangunan kuno yang unik. Keindahan ini mungkin dapat menggoyahkan niat kita untuk menuju tujuan awal. Untuk melanjutkan perjalanan kita dapat memilih opsi perjalanan menuju Pantai Indah Kapuk, salah satunya dengan menggunakan Trans Jakarta dengan jarak 16 km untuk sampai disana, kita dapat memilih untuk dapat langsung menaiki Trans Jakarta melalui halte Museum Fatahillah, atau dapat menyusuri Kota Tua terlebih dahulu, sambil menuju ke arah halte Kali Besar.

Akhirnya saya memutuskan untuk naik Trans Jakarta di halte Kali Besar koridor, hal ini dikarenakan pesona keindahan Kota Tua di Jakarta memberikan pengalaman yang tak terlupakan. Untuk menuju PIK kita dapat menggunakan Trans Jakarta di koridor 1A (Balai Kota-Pantai Maju). Setelah berlanjut di perjalanan menaiki Trans Jakarta, merupakan pengalaman baru yang saya rasakan, meski diwarnai kemacetan yang membuat perjalanan berlangsung hingga dua jam, tidak membuat perjalanan saya terhenti disini. Perjalanan yang panjang, membuat kita dapat melihat keindahan kota Jakarta, salah satunya dengan melewati Waduk Pluit, yang telah tampak indah, sebelum sampai di pantai sesungguhnya.

Baca juga  Bima Arya Raih Penghargaan Wali Kota Terpopuler Tahun 2020

Setelah melewati berbagai keindahan dan kemacetan di perjalanan kita dapat turun di halte Pantai Maju dan berjalan sekitar 800 m untuk dapat sampai menuju ke Pantai Indah Kapuk.

Keajaiban Kota Jakarta dan Pantai Indah Kapuk (PIK)

Setelah sampai di PIK, terlihat pesona keindahan yang tidak dapat kita temukan sebelumnya di kota Bogor, keindahan pantai yang memukau pandangan, membuat pesona tersendiri yang dimiliki PIK 1 selain dengan pesona pantainya terdapat stand makanan di pinggir pantai di bawah langit yang dilintasi pesawat, serta PIK 2 dengan pemandangan patjoran Chinatown yang menciptakan atmosfer budaya yang unik, serta menyelesaikan perjalanan ini. Pengalaman wisata yang memukau ini tidak hanya terjangkau, tetapi juga menawarkan solusi untuk menikmati keindahan pantai tanpa mengorbankan banyak waktu luang. Dengan biaya kurang dari Rp25.000 untuk perjalanan bolak-balik dari Kota Bogor-Pantai Indah Kapuk, perjalanan ini tak hanya mengenai destinasi, tetapi juga mengenai menyatukan dua kota dalam satu petualangan yang dapat dijalani dalam satu hari. [] Nisrina Aliya Rozan mahasiswi IPB

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top