BPJS Cabang Bogor Siapkan Sejumlah Jaminan untuk Buruh, Termasuk Fasilitasi Rumah

Kepala BPJS Kota Bogor dan Kadisosnaker Kota Bogor

BOGOR-KITA.com – Badan Penyelenggara Jaminan Sosisal (BPJS) Cabang Bogor akan memberikan sejumlah jaminan untuk buruh Kota Bogor.

Berbicara pada peringatan Hari Buruh se-Dunia, 1 May 2015, Kepala BPJS Ketenaga Kerjaan Kota Bogor, Toto Suharto mengemukakan, jaminan itu akan dimulai  pada 1 Juli mendatang. “Kami adakan program jaminan pensiun, jaminan keselamatan kerja,  jaminan pendidikan bagi anak-anak pekerja,” kata Toto.

Menurut Toto, pihaknya juga memfasilitasi buruh memiliki rumah dengan memberikan pinjaman kepada pekerja yang sudah mencapai upah maksimum empat juta per bulan. “Perumahan itu di Telaga Kkahuripan dan Puri Araya,” katanya.

BPJS, imbuh Toto lagi, juga memberikan beasiswa untuk anak pekerja dari pendidikan SD,SMP  sebesar Rp1.800.000 dan SMA sampai perguruan tinggi sebesar Rp2.400.000, sekaligus  pekerjaan kepada mereka nantinya.

Toto menambahkan, walaupun seluruh pekerja formal di pabrik dan industri sekarang sudah bekerjasama dengan Disnaker Kota Bogor, namun sesuai amanat walikota, kami akan melindungi seluruh pekerja mulai buruh pabrik, pedagang, sopir, tukang ojeg, pemulung. “Mereka juga perlu mendapatkan perlindungan dari BPJS mulai dari jaminan sosial, jaminan kematian dan jaminan hari tua, dan khusus pekerja di sektor formal, ada jaminan pensiun,"ujarnya.

Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kota Bogor, Annas Rasmana menyambut baik apa yang dilakukan BPJS, terutama memperhatikan pekerja dari segi keselamatan kerja, memberikan rumah melalui dana pinjaman, memperhatikan anak-anak pekerja dalam hal pendidikan. “Dinsosnakertrans sendiri sangat mendukung dan memperhatikan masalah pendidikan sekolah formal, juga pelatihan dan kewirausahaan bagi pekerja di Kota Bogor," kata Annas. [] Yuda.



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *