Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar meninjau lokasi pembibitan pohon di Kelurahan Babakan Pasar, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jumat (10/1/2020).

Bima dan Menteri LHK Tinjau Lokasi Pembibitan Pohon di Babakan Pasar

BOGOR-KITA.com, BOGOR – Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar meninjau lokasi pembibitan pohon di Kelurahan Babakan Pasar, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jumat (10/1/2020).

Kedatangan Menteri LHK disambut langsung oleh Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto di dampingi oleh Lurah Babakan Pasar, Rena Da Frina.

Dalam kesempatan itu, Siti Nurbaya mengatakan, kedatangannya ke Kota Bogor untuk melakukan peninjauan terkait langkah-langkah penyediaan bibit untuk rehabilitasi lahan.

“Kenapa di Kota Bogor, karena lokasi penanaman sekitar Kota Bogor bisa juga untuk pusat collect untuk dikirim ke Kabupaten Bogor,” ucapnya.

Menurutnya,  tempat pembibitan pohon ini cukup baik untuk ecori varian yaitu satu tempat di pinggir sungai yang dikelola dengan baik.

“Sudah ada contoh di Kabupaten Bogor dan Kabupaten Karawang. Jadi dia menjadi tempat edukasi, di Jakarta juga sudah ada. Dibuat shelter anak-anak dan tempat duduk diskusi,” ungkapnya

Nantinya bibit pohon tersebut akan ditanam di Garis Sempadan Sungai (GSS) Ciliwung yang sesuai dengan program Pemkot Bogor yaitu naturalisasi Ciliwung.

“GSS itu sudah ada aturannya, jaraknya harus 50 meter dari sungai,” katanya.

Wali Kota Bogor Bima Arya menuturkan Pemkot Bogor saat ini sedang fokus terhadap kegiatan naturalisasi Ciliwung.

“Setiap hari ada satgas Ciliwung keliling, bukan hanya bersihkan sampah tetapi membangun sistem persampahan dan membersihkan kewilayahan. Jadi ketika banjir kemarin tidak sedahsyat tahun lalu, kampung bebek dan Jembatan Situ Duit yang tadinya meluap sekarang tidak,” ungkapnya.

Bima menambahkan menurut analisisnya titik banjir di Kota Bogor berkurang karena penanganan pada sampah dan program Ciliwung ini.

“Kita perkuat dengan apa yang diperintahkan Presiden untuk menanam  tanaman tanaman yang kita bibit di sini dan kita akan distribusikan segera ke 13 kelurahan yang dilintasi Ciliwung,” pungkasnya. [] Ricky



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *