Regional

Anggota DPRD Jabar Sebut 3 Daerah Prioritas Pemekaran, Termasuk Kabupaten Bogor

Sadar Muslihat reses di Kabupaten Cianjur

BOGOR-KITA.com, CIANJUR – Anggota DPRD Jawa Barat Sadar Muslihat mengatakan amanat dari DPRD ke Komisi I untuk membahas calon daerah otonomi baru (CDOB) di beberapa daerah di Jawa Barat dan disepakati Kabupaten Bogor, Kabupaten Sukabumi serta Kabupaten Garut sebagai wilayah tahapan pertama daerah pemekaran.

“Dari pemerintah pusat sudah ada sinyal untuk diprioritaskan ketiga wilayah ini,” ujar Sadar pada acara reses di Sukanagara, Kabupaten Cianjur, Jumat (13/11/2020).

Dalam reses, warga Sukanagara, Kabupaten Cianjur sampaikan aspirasi berkaitan dengan perkembangan pemekaran di wilayah Kabupaten Cianjur.

Aspirasi tersebut direspons  Sadar Muslihat, dalam kegiatan Reses I DPRD Provinsi Jawa Barat Tahun Sidang 2020/2021 Dapil IV (Kabupaten Cianjur).

Untuk Cianjur, kata Sadar, diharapkan masuk tahapan kedua dalam pemekaran daerah dengan rencana daerah di wilayah Cianjur Selatan dan Cipanas.

Baca juga  Ini Cerita Ridwan Kamil Bertemu Guru Kelas 4 SD

Lanjutnya, tujuan utama dalam memekarkan daerah otonom baru menyerap dana pusat lebih banyak, mendekatkan kesejahteraan masyarakat dan mendekatkan pada pelayanan. Misalnya di wilayah Bogor barat rasio penduduk dan pemerintahan sudah tidak seimbang.

“Karena bolanya dari pemerintah pusat dan produknya undang-undang untuk segera mencabut moratorium pemekaran daerah baru dan segera meluncurkan kesempatan pemekaran di daerah Pulau Jawa,” katanya.

Sadar melanjutkan, hal ini akan berdampak pada potensi-potenasi ekonomi terutama di wilayah Cianjur Selatan yang masih banyak menyimpan potensi wisata alam yang belum tereksplorasi dengan baik.

“Saat ini pengelolaan sektor pariwisata daerah Cianjur Selatan masih perlu dioptimalkan, tentu harus ada peran serta pemerintah daerah,” ucapnya dilansir dari Humas DPRD Jabar. [] Hari

Baca juga  Kini Ada Wisata Anti Galau di Cirebon, Ada Kolam Renang hingga Resto
Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terpopuler

To Top