Kab. Bogor

Puncak Ajip Dibangun untuk Edukasi Mencintai Lingkungan

BOGOR-KITA.com, CISARUA – Mencintai bumi dengan cara memilah sampah dan menanam pohon menjadi landasan dari dibangunnya Puncak Ajip, wisata edukasi tentang alam.

Hal itu dikatakan Founder Puncak Ajip, Sandi Adam saat melakukan grand launching Wisata Puncak Ajip, di Kampung Naringgul, RT002/017, Desa Tugu Selatan, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Kamis (7/12/2023).

Yang membedakan Puncak Ajip dan tempat wisata lainnya kata dia adalah ditanamkannya budaya untuk mencintai lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarang dan tanam pohon.

“Dua alasan itu dibangunnya Puncak Ajip, karena banyak wisata di Puncak kurang peduli terhadap sampah,” katanya.

Dirinya ingin mengajak orang bagaimana membangun wisata tapi tetap cinta lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Baca juga  Viral Video Kades Di Bogor Sawer Biduan Dangdut di Atas Panggung

Terkait sampah, kata dia, setelah dihitung jumlah sampah selama sebulan 700 kg di puncak Ajip terdiri dari sampah organik dan non organik.

“Selama tujuh bulan kita menghasilkan sekitar 3 ton sampah lebih,” katanya.

Saat ini dirinya bekerjasama dengan bank sampah Rangga Mekar, untuk jadwal pengangkutan satu sampai dua Minggu sekali.

“Sedangkan untuk tabungan sampah kita itu selama 7 bulan nilai kurang lebih Rp 46 ribu itu terdiri kertas dan plastik saja,” katanya.

Untuk dapat bersantai di Puncak Ajip, katanya, pengunjung dibebankan tiket masuk sebesar Rp 25.000 sudah termasuk dengan goodie bag.

Sementara untuk kafenya sendiri harganya berkisar mulai dari Rp 15.000 sampai dengan Rp 45.000.

Baca juga  325 KPM di Desa Sukahati Terima Bantuan Sosial Pangan

“Kafe itu sebenarnya pelengkap, kalau untuk edukasi kita punya bank pohon di bawah, jadi kita kolaborasi kemudian ada kolam pemancingan juga, di sini ada kafe, jungle tracking, ada spot area buat mengenal pohon, buat menanam pohon juga,” katanya.

Selain ada kafe, di Puncak Ajip juga ada beberapa wisata lainnya salah satunya camping ground dengan kisaran harga Rp 25.000 hingga Rp 175.000 sudah termasuk tenda.

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top