Kab. Bogor

Mahasiswa Unpak Bikin Workshop ‘Dare To Speak Up’ di SMK Panca Karya

BOGOR-KITA.com, CITEUREUP –  Mahasiswa Ilmu Komunikasi  Fakultas  Ilmu  Sosial  dan  Ilmu  Budaya  (Fisib) Universitas Pakuan Bogor  Kosentrasi  Penyiaran  Angkatan  2021   menggelar pelatihan public  speaking  dengan  tema  Dare To Speak Up Bagi Pelajar SMK  Panca  Karya ( Pakar)  Sentul. Kegiatan  ini  diikuti oleh siswa siswi kelas 11 dan 12 dengan  jumlah  peserta  lebih dari 150  peserta bertempat di  SMK  Panca Karya  Sentul.

Ketua  Tim  Pelatihan  Bicara di depan  umum  Jeremi   menyampaikan  kegiatan  ini adalah bagian dari Ujian  Akhir  Matakuliah  Bicara di depan  umum  dimana  setiap mahasiswa  diuji  kemampuan  bicara dan tampil di depan umum dengan  skala  audiens  yang  banyak.

”Ini  kesempatan dan peluang istimewa  kepada  kami  bahkan  mungkin perdana  ya, dan surprise, ilmu yang kami terima  di  bangku kuliah bisa kami bagikan juga kepada adik adik pelajar di sini. Model ujian akhir yang dirancang seperti ini rasanya  menambah  semangat kami  dan membuat kami  lebih percaya  diri. Terlebih kemampuan  bicara  di depan umum  ini  akan sangat berguna  kami  saat  terjun ke masyarakat dan  menghadapi  dunia  kerja,” ujar Jeremi dalam rilis Rabu (31/5/2023).

Baca juga  732 Caleg Berebut 55 Kursi DPRD Kabupaten Bogor, Harga Satu Kursi 62 Ribu Suara

Sementara  itu  Dosen  Pengampu  sekaligus  pendamping  kegiatan  ini , Mey  Cresentya  menyampaikan  momen pelatihan  ini dimanfaatkan oleh mahasiswa untuk mengasah dan mengukur sejauh mana kemampuan mereka menjadi speakers, menyesuaikan materi dengan audiens serta memastikan pesan-pesan yang disampaikan bisa diterima secara utuh tentu memerlukan strategi komunikasi yang tepat.

“Hari  ini  mahasiswa melakukan praktek teknik  bicara  di depan  umum   dengan skala audiens yang lebih besar, ini sekaligus  menjadi  Ujian  Akhir  , ya  mereka  tampil  sebaik mungkin,mulai dari materi, penguasaan panggung, body language semuanya ditampilkan maksimal, dari pengalaman ini semoga  mereka  mendapat  banyak   insight yang bisa digunakan untuk memaksimalkan diri dan potensi masing  masing  , dan mereka  keren semua ,” ucap  Mey.

Baca juga  Ketua KNPI Tenjo Protes Tak Dapat Undangan Ikuti Boling Bupati Bogor

Sementara  itu  Kepala  Sekolah    SMK  Panca  Karya  Sentul  Asmiyati Wahyuningsih, S.Pd, Kim  mengapresiasi  kegiatan ini  , menurutnya   ini adalah sebuah  inovasi  bagus  yang di lakukan mahasiwa , sekaligus ,mentransfer  ilmu nya kepada para  pelajar  SMK   yang harus  juga  trampil dalam berbicara.

“Saya sangat berterima kasih kepada  Fisib Universitas Pakuan  Bogor  dan para mahasiwanya  yang istimewa  karena kegiatan seperti ini sangat dibutuhkan oleh siswa-siswi kami ,mahasiswa sebagai agen of change  membawa pikiran pendapat ilmu pengetahuan yang kemudian akan diaplikasikan dan menyebarkan kepada masyarakat, ini merupakan wujud dari perbuatan baik yang berupa pikiran, pendapat, ataupun tenaga sebagai perwujudan cinta, kasih sayang dan semua itu dilakukan dengan ikhlas yang didalamnya terdapat rasa tanggung jawab, kepedulian, transfer ilmu, kebaikan, simpati, empat, dan lain sebagainya,” ujar  Asmi. [] Hari

Baca juga  Daftar Juara Lomba Profil Desa Kabupaten Bogor Tahun 2023
Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top