Pakuan Usmar

Wisudawan Universitas Pakuan Siap Jadi Agent of Change

BOGOR-KITA.com – Universitas Pakuan (Unpak) kembali melepas 785 wisudawan gelombang II di Brajamustika Convention Center, Jalan Dr. Semeru, Kota Bogor, Rabu (24/08/2016). Dalam Sidang Senat Terbuka yang masih dalam suasana HUT RI ke-71, Rektor Univeritas Pakuan Bibin Rubini menyampaikan pesannya kepada seluruh lulusan agar menjadi cendekiawan yang memiliki visi, misi, dan tujuan ideal dalam membangun bangsa.
“Segala sikap dan perilaku para lulusan harus didasarkan pada kaidah ilmiah dan menggunakan akal pikiran yang sehat dan jernih,” ujar Bibin.
Bibin menuturkan, lulusan Unpak haruslah menjadi solusi dalam menyelesaikan persoalan kehidupan masyarakat atau dalam hal ini sebagai agent of change. Diawali dari pikiran, perdebatan, hingga melahirkan sebuah gagasan yang baik bagi orang banyak. Tak hanya itu lulusan Unpak yang kini sudah mendapatkan gelar baik menjadi Doktor, Magister, Sarjana dan Ahli Madya haruslah cerdas, mandiri, kreatif, inovatif, dan produktif.
“Bekal ilmu yang mereka dapatkan belum cukup, harus diserta sikap dan perilaku terpuji karena kebesaran almamater juga sangat tergantung pada peran aktif alumninya di masyarakat,” jelas Bibin.
Wakil Walikota Bogor Usmar Hariman dalam sambutannya mengatakan, wisuda ini sebuah momentum awal para wisudawan dalam memasuki kehidupan sesungguhnya. Tantangan kedepan sangat nyata apalagi di era pasar bebas saat ini. Jika Sumber Daya Manusia (SDM) dalam hal ini para Ahli Madya, Sarjana dan Doktor tidak membekali diri dengan baik, kemungkinan akan tergilas dengan SDM lain dari luar negeri. Maka, sudah seharusnya wisudawan baru ini menjadi penguat sekaligus penyangga yang mampu bersaing dan tidak kalah dari segi keahlian dengan orang-orang luar negeri.
“Lulusan ini merupakan aset dalam membangun bangsa Indonesia kedepan yang lebih baik,” pungkas Usmar.
Para wisudawan berasal dari berbagai program. Yaitu dari Program Pasca Sarjana sebanyak 154 orang yang terdiri dari program doktor (S3) dua orang, dan magister (S2) 152 orang. Untuk program sarjana, dari Fakultas Hukum sebanyak 70 orang, Fakultas Ekonomi 62 orang, Fakultas Teknik 50 orang, dan Fakultas MIPA 117 orang. Sementara untuk program D3 berjumlah 9 orang yang berasal dari Fakultas Ekonomi dan MIPA. [] Pbs




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *