Terakhir Diperbarui:03:56:33 AM GMT

Anda berada di:

10 Permainan Tradisional Jawa Barat

alimpaido-2011

BOGOR-KITA.COM - Jawa Barat sangat kaya akan seni dan budaya yang tersebar di 26 kota/kabupaten. Terdapat sekitar 200 permainan tradisional sehingga Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jabar setiap tahun menggelar Festival Permainan Tradisional Jawa Barat (Alimpaido) dengan tujuan untuk melestarikan permainan tradisional Jabar yang hampir punah. Tidak mudah menemukan permainan tradisional yang masih dilakukan oleh anak-anak kita, terlebih di kota besar. Seiring dengan kemajuan zaman, ilmu dan teknologi anak-anak sekarang lebih familiar dengan play station, handphone, internet, facebook dan blackberrymassenger.

“Di Jabar terdapat kurang lebih 200 permainan tradisional yang dimiliki seluruh kabupaten/kota. Ini merupakan potensi bagi pengembangan wisata budaya. Oleh karenanya, Alimpaido menjadi agenda tahunan yang dilaksanakan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jabar,” tutur Kepala Disparbud Jabar Herdiwan Ing Suranta.

Perhelatan Alimpaido 2011 adalah yang ketiga kali, digelar di Lapangan Tegar Beriman, Cibinong Kabupaten Bogor 17-18 September 2011 namun hanya 10 jenis permainan saja yang dipertandingkan. Permainan tersebut, antara lain Egrang, Kelom Batok, Rorodaan, Engkle/Sondah, Sorodot Gaplok, Perepet Jengkol, Gatrik, Gasing, Bedil Jepret, dan Sumpit. o dit


Berikan Komentar


Security code
Refresh