Terakhir Diperbarui:04:11:54 AM GMT

Anda berada di:

Air Panas Berkhasiat di Tirta Sanita Ciseeng Parung Bogor

Tirta_Sanita_5BOGOR-KITA.com - Wisata air panas Tirta Sanita Ciseeng. Sebuah daerah wisata yang sudah terkenal. Air panas alami yang berkhasiat menyembuhkan berbagai penyakit, membuat orang suka datang secara berulang.

 

Berbeda dengan pemandian air panas di Ciater yang parkirnya selalu penuh sesak, di Ciseeng cukup lega. Tarif parkir juga murah Rp. 2.000. Tiket masuk Rp. 9.000 untuk dewasa dan Rp. 6.000 untuk anak.

 

Tirta_Sanita_3Di dekat tempat parkir banyak dijajakan hasil bumi penduduk sekitar seperti singkong, ubi jalar, pisang, papaya dan lain sebagainya untuk oleh-oleh para pengunjung.

Melewati pintu masuk, kami disambut jajaran pohon palem di sisi kiri dan kanan. Tepat di depan kami menjulang sebuah bukit berwarna putih yang di puncaknya terdapat sumber mata air panas. Kami tidak sempat memanjat ke puncak bukit kapur tersebut dikarenakan licinnya jalur pendakian akibat turunnya gerimis saat itu.

Secara garis besar kawasan ini terbagi menjadi beberapa zona selain bukit kapur, ada arena bermain anak, arena outbond, kolam pemandian umum, kolam pemandian VIP, restoran dan area untuk beristirahat dengan menggunakan tikar yang banyak disewakan oleh penduduk sekitar.

Banyak permainan untuk anak dan orang dewasa yang ditawarkan seperti boom boom car dengan tarif Rp 10.000 per koin yang dapat dinikmati oleh 2 orang, atau perahu air ber tarif Rp 5.000 per orang atau balon air dengan tarif Rp 15.000 per orang atau Rp 25.000 per 2 orang. Atau anda yang menyukai tantangan dapat mencoba paket outbond seharga Rp. 25.000 per orang dengan tantangan berjalan pada seutas tali di ketinggian sekitar 5 meter di atas kolam, kemudian memanjat jaring sampai ketinggian 10 meter dan diakhiri dengan permainan flying fox. Ada juga permainan sepeda motor mini, kendaraan  ATV (All Terrain Vehicle) dan kereta mini.

Sebagai tempat wisata air panas, Tirta Sanita menawarkan kolam pemandian VIP yang dapat disewa seharga Rp. 10.000 per orang. Tempat ini terdiri dari beberapa kamar, dimana setiap kamar dapat menampung 2-3 orang untuk berendam dalam kolam khusus. Untuk kolam pemandian umum dikenai tarif Rp. 4.000 per orang. Sayang ukuran kolam yang kecil membuatnya terlihat sumpek sehingga tidak dapat menikmati dengan nyaman. Seharusnya pihak pengelola membuat kolam yang lebih besar sehingga dapat menampung lebih banyak lagi pengunjung terutama anak-anak yang ingin menikmati air panas sambil bermain. Setelah puas bermain, kami beristirahat di bawah pohon rindang dengan menyewa tikar dari penduduk sekitar dan membuka bekal makanan yang dibawa rumah. Hmm nikmat sekali rasanya bersantap siang bersama keluarga di alam terbuka. Akhirnya pukul 14.30 kami meninggalkan tempat wisata air panas Tirta Sanita Ciseeng Bogor dengan perasaan senang dan gembira terutama anak kami yang terus saja bercerita pengalamannya bermain flying fox. 0 nani

Berikan Komentar


Security code
Refresh