54

Wali Kota Bogor Bagikan 1.360 E-KTP

BOGOR-KITA.com – Dari sekian keluhan warga, baik yang disampaikan langsung melalui telepon, sms dan medsos, masalah E-KTP merupakan masalah yang paling sering dikeluhkan. Hal tersebut diungkapkan Wali Kota Bima Arya saat membagikan 1.360 E-KTP kepada 1.360 warga perwakilan dari 68 Kelurahan se-Kota Bogor di GOR Indoor Pajajaran jalan Pemuda, Kota Bogor, Minggu (05/11/2017).

Sejak 3 tahun yang lalu banyak warga yang mengeluh mengenai E-KTP. Mulai dari yang sudah 2 tahun lalu direkam, tetapi belum jadi-jadi, membuat KTP bayar nya berapa hingga kenapa blangko bisa habis dan masih banyak pertanyaan lainnya.

“Kan kasihan warga. Sementara E-KTP sangat penting untuk mengurus dokumen, asuransi, jaminan kesehatan, rekening di Bank dan sebagainya,” ungkap Bima.

Bima menjelaskan, proses E-KTP diawali dengan perekaman data kepada warga. Setelah terekam datanya kemudian data tersebut dikirim ke pusat (Dirjen Kependudukan Catatan Sipil Kementerian Dalam Negeri) untuk dicek apakah datanya ganda dan sesuai.

Apabila sudah siap dan aman barulah data tersebut dikirim ke Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor melalui Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Disdukcapil) untuk siap cetak. Data yang sudah dinyatakan siap cetak juga belum tentu bisa dicetak karena harus dilihat juga blangkonya apakah cukup atau tidak.

Lebih lanjut Bima mengatakan, E-KTP yang sudah siap dicetak adalah blangko yang sudah direkam tahun 2016 dan sebelumnya. Sehingga yang sudah siap dicetak adalah yang sudah menunggu 1-3 tahun. Sedangkan bagi yang mengurus tahun 2017 harus antri dulu sampai akhir tahun.

“Secara simbolis E-KTP yang sudah direkam tahun 2016 dan sebelumnya kami bagikan dan besok saya perintahkan Camat dan Lurah untuk membagikan E-KTP kepada warganya,” kata Bima. []Admin




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *