Wagub Jabar: Pasti Ada Oknum Pemkab di Galian Liar Rumpin


BOGOR-KITA.com – Wakil Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar menuding ada oknum pemerintah yang mendalangi galian liar di Kecamatan Runmpil, Kabupaten Bogor. “Ini pasti ada dalang dari oknum pemerintah, sehingga galian ilegal marak terjadi di Kabupaten Bogor,” kata Deddy Mizwar akrab disapa Demiz kepada PAKAR, saat mendatangi sejumlah lokasi galian liar di Rumpin, Kamis (18/9).

Sidak kali ini adalah sidak yang kedua kali. Sidak pertama dilakukan Selasa (9/9) lalu. Dalam sidak pertama itu, Demiz didampingi Wakil Bupati Bogor, Nurhayanti. Lokasi yang disidak galian di Kampung Pabuaran RT 01/RW 01, Desa Pabuaran, Kecamatan Gunung Sindur.

Dalam sidak yang pertama itu, Demiz tak menemukan satu pun kendaraan dan pekerja galian. Yang ada hanya kerusakan lahan yang parah di salah satu bukit dengan gundukan pasir bekas galian serta kubangan lumpur. “Mana truk yang katanya banyak, kok ini penambang pun tak  ada sama sekali, pada kabur kali ya,” ujar  Demiz ketika itu dengan mimik wajah sedikit tersenyum simpul kepada rombongan termasuk wartawan PAKAR.

Tak hanya ke lokasi galian, pada sidak pertama itu, Wagub Demiz, juga menyempatkan diri melihat sistem pengaturan kendaraan di tempat penimbangan truk bertonase di Kecamatan Kemang. Di sini Wagub juga menemukan banyaknya pelanggaran. “Ini tahap pertama, dan temuan ini akan kita jadikan bahan evaluasi. Pemerintah Provinsi Jabar akan segera berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Bogor untuk menindaklanjuti hal ini, termasuk menentukan langkah-langkah apa yang akan diambil. Yang jelas, ini mesti ada ujungnya,” papar Demiz saat itu.



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *