Usmar Tinjau Danau Bogor Raya, Ditata Jadi Destinasi Wisata Air

BOGOR-KITA.com – Wakil Walikota Bogor Usmar Hariman untuk kesekian kalinya meninjau Danau Bogor Raya yang terletak di Perumahan Danau Bogor Raya,  Kecamatan Bogor Utara, Jumat (5/2/2016). Menurut Usmar, tinjauan ke Danau Bogor Raya dilakukan untuk mengecek langkah-langkah administratif yang telah ditempuh Pemerintah Kota Bogor dan pihak Bogor Raya. “Hari ini kita mencoba semoga ada jalan keluar dalam usaha kita mengatasi banjir tahunan di kawasan Cibuluh dan Kampung Keramat,” kata Usmar seraya menambahkan Danau Bogor Raya merupakan hulu Sungai Ciluar.

Menurut Usmar minimnya rencana penanganan yang dilakukan berupa normalisasi dan penurunan dam di batas Kabupaten/ Kota, tidak mengurangi efektivitas upaya yang dilakukan. “Sekarang volume air yang melewati bendungan tersebut lebih lancar dan lebih deras dari sebelumnya. Namun bagaimanapun Danau Bogor Raya harus dinormalisasi, selain sebagai solusi dalam penanganan banjir tahunan di Ciluar dengan fungsinya sebagai penampungan air sementara, nantinya dapat dijadikan salah satu lokasi destinasi wisata air dalam kota, tentu saja setelah dinormalisasi dan ditata ulang,” tegas Usmar.

Dengan normalisasi dan penataan ulang Danau Bogor Raya, sambung Usmar, akan menambah nilai tanah yang ada di kawasan Bogor Raya. “Bersama Bogor Raya, kita saling  bersimbiosis. DED mereka yang buat kita coba bantu dalam pengusahaan modalnya. Hal ini akan menjadi magnet bagi warga untyuk menjadikannya destinasi wisata air,” sambungnya.

Sementara itu Direktur Bogor Lakeside Imam Puji Hartono mendukung rencana normalisasi Danau Bogor Raya. “Kita senantiasa menjalin komunikasi dan koordinasi. Bagaimanapun Danau Bogor Raya sebagian besar masih menjadi asset Depkeu, namun karena terbentur waktu dan dana untuk saat ini kita diminta untuk menghitung FS (Feasibility Study) dulu,” tegas Imam.

Apresiasi ditunjukan Ahmad Aswandi dari Komisi A DPRD Kota Bogor. “Jika dilihat dari segi manfaat, sepertinya besar sekali dan kami mengapresiasi, namun dalam perencanaan dan pelaksanaannya harus mengikuti dan sesuai aturan-aturan. Saat ini kita baru sebatas meninjau lokasi,” pungkas Aswandi bersama Kadis Binamarga, Camat Bogor Utara mendampingi Wakil Walikot Usmar Hariman.[] Admin




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *