Usmar: Koperasi Bukan Dilihat Dari Kuantitas Tetapi Kualitas

Usmar Hariman

BOGOR-KITA.com – Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) menggelar gerak jalan santai dan bazaar dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Koperasi ke-68 Tahun 2015. Gerak jalan santai berlangsung pada Minggu (23/8/2015) dengan menempuh jalak kurang lebih 1,5 km yang diikuti sekitar 115 regu.

Gerak jalan mengambil lokasi start di Balaikota Bogor dengan finis di GOR Padjajaran dam dilepas Wakil Walikota Bogor, Usmar Hariman yang didampingi Sekretaris Daerah Kota Bogor, Ade Sarip Hidayat. Usai melepas gerak jalan santai, Usmar menjelaskan, Hari Koperasi ke-68 harus menjadi momentum untuk terus mengoptimalkan gerakan koperasi lagi.

 “Karena kita meyakini sejak awal didirikan, koperasi merupakan sebuah lembaga yang mampu bertahan dalam situasi apapun. Dan itu sudah sangat terbukti ketika krisis ekonomi tahun 1998 pada saat banyak bisnis ambruk, tetapi usaha kecil menengah termasuk didalamnya koperasi,  justru bertahan dan menyelamatkan situasi kondisi ekonomi nasional,” terang Usmar.

Untuk itu, Usmar meminta dilakukan identifikasi jumlah koperasi yang ada di Kota Bogor. Identifikasi ini, kata Usmar, penting untuk nanti bisa menghasilkan koperasi-koperasi yang berkualitas dengan meaknisme organisasinya yang berjalan.

“Memang yang diperlukan adalah bukan kuantitas, tapi kualitas dari koperasi itu sendiri. Bisa aja nanti dari koperasi satu dan koperasi lain melakukan merjer menjadi satu koperasi dengan jenis usaha yang sama. Untuk itu, Dinas Koperasi dan UMKM memiliki kewajiban untuk melakukan pembinaan terus-menerus, terutama mengatasi peroalan permodalan atau pemasatan,” jelas Usmar.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Bambang Suharyanto menyampaikan, selain jalan sehat, peringatan Hari Koperasi tingkat Kota Bogor juga akan diisi dengan bazaar. “Gelaran ini merupakan salah satu upaya untuk memperkenalkan produksi koperasi yang ada di wilayah Kota Bogor,“ ungkap Bambang.

Menurutnya, kegiatan gerak jalan ini juga memiliki maksud untuk mempererat tali silaturahmi antar anggota gerakan koperasi. “Selain itu, juga untuk menunjukkan kepada masyarakat eksistensi gerakan koperasi di Kota Bogor serta untuk memasyarakatkan koperasi kepada generasi muda di Kota Bogor,“ pungkasnya. [] Admin



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *