Mulai Sabtu (1/12/2018) mendatang, toko modern dan mal di Kota Bogor dilarang menyediakan kantong plastik.

Toko Modern dan Mal di Kota Bogor Dilarang Sediakan Kantong Plastik

BOGOR-KITA.com – Pemkot Bogor  terus bergerak untuk kemaslahatan warganya. Satu hal mendasar yang segara dilakukan adalah melarang penggunaan kantong plastik. Larangan ini bukan sekadar imbauan, tetapi dikukuhkan melalui Peraturan Wali Kota Bogor Nomor 61/2018 tentang Pengurangan Penggunaan Kantong Plastik.

Kebijakan pelarangan ini akan menjadikan Kota Bogor sebagai kota ke-4 yg melakukan pelarangan penggunaan kantong plastik setelah Kota Banjarmasin, Kota Balikpapan dan Kota Bandung.

Langkah yang dilakukan untuk mengefektikan larangan tersebut adalah melarang toko modern dan pusat perbelanjaan menyediakan kantong plastik, mulai Sabtu (1/12/2018) mendatang.

Saat ini sosialisasi ke seluruh toko modern dan pusat perbelanjaan tengah digencarkan oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bogor sebagai leading sektor. Sosialisasi ke mal-mal yang ada di Kota Bogor akan dilakukan setiap Sabtu dan Minggu dengan durasi 1,5 jam.

“Kami juga sosialisasikan di Taman Ekspresi dengan memberikan penjelasan ke masyarakat sekaligus kami berikan kantong pengganti,” ujar Kepala Bidang Persampahan, DLH Kota Bogor Mochamad Ade Nugraha, Kamis (20/9/2018).

Pelarangan ini nantinya diperluas ke pasar-pasar tradisional Kota Bogor sehingga dapat berjalan lebih efektif dan signifikan dalam mengurangi sampah plastik.

Ade sapaan akrab Ade Nugraha kemudian mengemukakan urgensi pelarangan penggunaan kantong plastik.

Berdasarkan fakta yang ada, Indonesia menjadi negara dengan penyumbang sampah plastik ke lautan terbanyak ke-2 setelah China.  Kota Bogor sendiri ada sampah 700 ton per hari dengan jumlah sampah plastik yang diperkirakan bisa mencapai 100 ton per hari.

“Tentu ini sangat memprihatinkan mengingat sampah plastik butuh waktu 200 tahun sampai 1.000 tahun untuk terurai dan ini bisa sangat membahayakan lingkungan jika penggunaanya tidak dikurangi,” katanya.

Ade sangat berharap masyarakat Kota Bogor bisa turut serta mendukung pengurangan penggunaan kantong plastik dengan kesadaran sendiri. [] Admin



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *