7

Tingkatkan Kinerja Bisnis, Pengurus Koperasi Ikuti Pelatihan

BOGOR-KITA.com – Universitas Pancasila (UP) didukung oleh Perusahaan Gas Negara (PGN) menggelar pelatihan Penguatan Sikap dan Keterampilan Pengurus Koperasi. Pelatihan dilakukan untuk meningkatkan kinerja bisnis. Pelatihan digelar Rabu-Jumat (21-23 Desember 2016), di Hotel Salak.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Bogor, Eko Prabowo menjelaskan, koperasi mempunyai peran penting sebagai penopang perekonomian rakyat. Kekurangtahuan untuk mengelola koperasi yang baik acap kali menjadi permasalahan yang sering ditemui. Padahal di era sekarang, menuntut perlunya peningkatan sumber daya pengurus koperasi, pengawas koperasi, dan pelaku-pelaku koperasi.

“Tidak bisa kalau hanya otodidak, sekarang mengelolah koperasi harus dengan ilmu dan manajemen yang baik,” ujarnya, Rabu (21/12/2016). Eko menambahkan diperlukannya orang-orang ahli dalam membina setiap pengelolah koperasi, salah satunya ialah pelatihan yang diselenggarakan oleh Universitas Pancasila ini.

Wahono Sumaryono selaku Rektor Universitas Pancasila, mengaku senang atas respon postif yang diberikan oleh Pemerintah Kota Bogor. Ia berharap akan adanya kerja sama yang sinergis antara UP dan SKPD Pemerintah Kota Bogor yang terkait.

“Bentuk kerja sama yang dimaksud bukan hanya kali ini saja, ini hanya pelatihan tapi diharapkan akan terus. Ke depan kita bisa kerja sama lagi, misalnya mengembangan prokduktivitas Sumber Daya Manusia (SDM) karena kami punya Fakultas Psikologi,” jelas Wahyono.

Selanjutnya, Universitas Pancasila akan memberikan usulan kegiatan lanjutan setelah pengembangan usaha terkait koperasi. Usulan kegiatan tersebut meliputi pengembangan produk sumber daya alam, pengembangan teknologi tepat guna yang terbarukan, pengembangan marketing, kepengurusan HAKI dan bantuan hukum, serta pengembangan destinasi wisata.

Segala bentuk usulan ini sesuai dengan isi dari Tri Dharma perguruan tinggi, yaitu sebagai pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan, serta pengabdian kepada masyarakat. [] Admin




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *