Tingkatkan Kecintaan Generasi Muda Terhadap Gamelan

BOGOR-KITA.com – SBR Gamelan Festival, “The Heritage of Gamelan Nusantara” yang digelar Sekolah Bogor Raya (SBR), Sabtu (21/04/2018), merupakan upaya untuk mendukung pelestarian tradisi dan kebudayaan bangsa.

Festival ini juga, seperti dijelaskan ketua panitia Niken Wulandari, merupakan festival gamelan yang baru kali pertama diselenggarakan SBR yang lahir dari semangat untuk merayakan kebesaran dan keagungan hasil karya leluhur bangsa.

“Ini menjadi salah satu cara untuk meningkatkan kecintaan generasi muda terhadap gamelan. Apalagi pendiri SBR Douglas Stoltz, yang menginginkan agar SBR harus tampil di dunia pendidikan sebagai sekolah yang dikenal pemain gamelannya,” jelas Niken.

Sementara di tempat yang sama Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor Ade Sarip Hidayat yang turut hadir pada acara itu bersama Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Shahlan Rasyidi, mengungkapkan apresiasinya kepada SBR yang telah dengan secara rutin menggelar kegiatan seni tradisi dan kebudayaan dan mengikuti kegiatan tersebut baik di level nasional bahkan hingga kancah internasional.

“Saya cukup bangga kepada anak-anak yang dengan piawai memainkan alat musik tradisional seperti gamelan ini. Tentunya selain sebagai upaya pelestarian seni tradisi dan kebudayaan leluhur kita, melalui kegiatan semacam ini juga sebagai ajang untuk mereka tampil dan menunjukkan kemampuannya kepada publik,” tutur Sekda. []Admin




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *