10

Targetkan Adipura, Bima Minta Pelaku Usaha Maksimalkan RTH

BOGOR-KITA.com – Dalam rangka mencapai target Adipura, Wali Kota Bogor Bima Arya menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) bersama para pelaku usaha di Kota Bogor dan para aparatur Lingkungan Pemerintah Kota Bogor di Paseban Sri Baduga Balaikota Bogor, Rabu(18/1/2017). Rakor diikuti sekitar 27 perwakilan usaha di Kota Bogor. Untuk meraih Adipura, para pelaku usah diminta memaksimalkan Ruang Terbuka Hijau (RTH) agar diberdayakan menjadi taman.

Dalam arahannya Bima menegaskan tidak mungkin Adipura bisa diraih tanpa peran serta masyarakat. ”Mendorong untuk mengakselerasi seluruh OPD untuk melakukan monitoring dan evaluasi serta melakukan stimulasi partisipasi dari masyarakat,” ujar Bima. Bima mengatakan, penilaian Adipura meliputi dua hal yaitu aspek kebersihan dan aspek hijau. Khusus aspek hijau, Bima mengarahkan agar RTH dimaksimalkan sebagai bidikan untuk kategori taman terbaik. ”Karenanya semua aparatur di wilayah dan para pelaku usaha memaksimalkannya,” lanjut Bima.

Untuk perkantoran maupun pelaku usaha, menurut Bima diperlukan perbaikan karena itu adalah wajah kota. Bima meminta pihak hotel dan semua pelaku usaha saling bekerja sama. terkait dua hal penting. Pertama, memaksimalkan RTH yang dimiliki menjadi taman. Dan kedua, lebih mengutamakan sistem pengelolaan sampah. Bima berjanji dalam waktu dekat akan melakukan inspeksi mendadak untuk mengecek kesiapan Adipura.

Menanggapi arahan yang disampaikan, Hari perwakilan Hotel Papirus yang berlokasi di Jalan Baru menyampaikan apresiasi. Pihaknya akan menyambut program pemkot bogor untuk meraih adipura. ”Harapan saya ini semua tidak bersifat insidentil tapi harus ada partisipasi aktif agar langkahnya lebih nyata,” ungkap Hari.

Tanggapan juga disampaikan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bogor Syahlan Rasyidi. Syahlan menyarankan perlunya dibuat satgas hingga ke tingkat kelurahan dan kecamatan.

Sedangkan perwakilan Bogor Trade Mall (BTM) Suhaman selaku Controling Out Sourching mengungkapkan, pihak saat ini sedang merenovasi taman yang ada dicsekeliling BTM. ”Saat ini sedang progres. Untuk tempat sampah akan ditambah lagi. Ini sebagai bentuk dukungan kita bagi program Pemkot Bogor dalam meraih Adipura,” pungkas Suhaman. [] Admin




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *