Sinergi Tuntaskan Persampahan, Sulap Gundukan Sampah Jadi Hutan Hijau

BOGOR-KITA.com – Sampah merupakan permasalahan klasik di Kota-kota metropolitan. Mencoba mengurai masalah persampahan, Orang Indonesia (OI) Laskar bersama Nusantani menginisiasi pembentukan Bank Sampah Laskar Nusantara di Empang, Bogor. Hasilnya, gundukan sampah yang bertahun-tahun ditimbun berhasil disulap menjadi hutan hijau.
“Lahan yang tertumpuk sampah selama bertahun-tahun itu menggunung di lahan tersebut, lalu disulap menjadi hutan hijau hasil karya Lembaga Nusatani yang sampai sekarang menjadi areal hijau di Jalan Raya Bogor Nirwana Residence (BNR), kelurahan Empang,” terang Erwin, Ketua Bank Sampah Laskar Nusantara, Senin (8/08/2016).
Erwin menjelaskan, Bank Sampah Laskar Nusantara dibentuk bersamaan dengan peringatan Hari Bumi pada 22 April 2016 lalu. Peresmiannya saat itu dihadiri langsung Walikota Bogor Bima Arya.
Dengan adanya Bank Sampah Laskar di Kelurahan Empang itu, dijelaskan Erwin yang juga menjadi penggeraknya, harapannya agar mampu mengurai permasalahan sampah yang ada di wilayah tersebut. “Diharapkan juga semua unsur seperti jajaran Muspika Bogor Selatan bersama warga bahu membahu mengapresiasi amanah bumi. Adapun saat peresmiannya waktu itu, Walikota Bogor Bima Arya Sugiarto menanam pohon kalpataru yang diikuti oleh tamu yang hadir saat itu,” ungkap Erwin.
Bank Sampah Laskar Nusantara, paparnya, berdiri di tanah seluas tiga hektar yang merupakan milik Kementerian Keuangan yang awalnya hanya dijadikan sebagai tempat pembuangan akhir (TPA) sampah Kota Bogor.
Ditambahkan oleh Taufan, Humas Bank Sampah Laskar Nusantara, pihaknya bersama Lembaga Nusatani dan Badan Pengurus Kelompok Ormas OI Laskar Kota Bogor bermaksud untuk mencari solusi sebagai upaya mengurangi sampah yang timbul dari sumber. Dengan demikian, lanjutnya, akan mengurangi beban sampah yang dibuang ke TPA. “Dengan semangat dan kerja sama yang baik, akhirnya didirikan bank sampah ini,” imbuhnya.
Lebih lanjut Taufan memaparkan, langkah yang saat ini dilakukan oleh Bank Sampah Laskar Nusantara adalah melakukan sosialisasi kepada masyarakat khususnya pengurus RT dan RW mengenai informasi telah berdirinya bank sampah di tingkat RW Kelurahan Empang. “Ini juga memecahkan masalah dan mencari solusi jalan tengah agar warga dan bank sampah yang sudah ada bisa sinergis dengan kegiatan Bank Sampah Laskar Nusantara,” pungkasnya. [] Admin




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *