25

Petugas Promkes Puskesmas Dinkes Kabupaten Bogor, Belajar Disain Grafis

BOGOR-KITA.com – Guna meningkatkan kemampuan mensosialisasikan informasi dan program-program kesehatan kepada masyarakat, petugas promosi kesehatan (promkes) di 101 Puskesmas dalami ilmu disain grafis. Para petugas tersebut dilatih membuat disain media promkes selama lima hari di Hotel Rizen Premiere, Cisarua, Kabupaten Bogor. Satu persatu mereka diminta membuat disain poster, baliho, spanduk bertemakan kesehatan, menggunakan software seperti Adobe Photoshop, Adobe Ilustrator, dan Corel Draw.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor, Erwin Suriana usai membuka kegiatan bimbingat teknis mengatakan, dalam mendukung keberhasilan program promosi kesehatan, diperlukan peranan petugas promosi kesehatan yang mampu melaksanakan tugasnya dengan baik.

“Tugas pokok petugas promkes di antaranya melaksanakan advokasi, pembinaan suasana, pemberdayaan masyarakat, penyebarluasan informasi, membuat rancangan media, melakukan penelitian prilaku masyarakat yang berhubungan dengan kesehatan, merencanakan intervensi dalam rangka pengembangan perilaku yang mendukung kesehatan,, terang Erwin di Cibinong, Selasa (25/4/2017).

Erwin menambahkan, salah satu kemampuan yang harus dimiliki petugas promkes adalah menggunakan media promosi kesehatan. Media promosi kesehatan bisa melalui media cetak, media elektronik dan media luar ruang. Dengan memahami dan menguasai penggunaan media promosi kesehatan, diharapkan para petugas promosi kesehatan dapat lebih meningkatkan kemampuannya mensosialisasikan program-program kesehatan kepada masyarakat secara berkesinambungan.

“Maka untuk meningkatkan kemampuan tersebut, Dinas Kesehatan melaksanakan bimbingan teknis pembuatan disain media promosi kesehatan yang diikuti oleh seluruh petugas promkes Puskesmas di Kabupaten Bogor”, papar Erwin. [] Admin




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *