Pemkot Bogor Tingkatkan Predikat Kota Layak Anak

Pemkot Bogor Tingkatkan Predikat Kota Layak Anak

BOGOR-KITA.com – Penghargaan Tingkat Pratama Kota Layak Anak (KLA) sudah didapatkan Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor pada 2017 lalu. Meski begitu, peningkatan baik kultur maupun infrastruktur layak anak terus dilakukan hingga ke tingkat kecamatan dan kelurahan. Pemkot Bogor di lomba KLA 2018 ini menargetkan raihan predikat satu tingkat diatas Pratama, yakni tingkat Madya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan dan Perlindungan Anak (DPMPPA) Kota Bogor Artina Yanar Anggraeni mengatakan, untuk meningkatkan predikat Kota Layak Anak di 2018 ini DPMPPA kembali melakukan pembinaan bagi Gugus Tugas Kota Layak Anak. Mereka merupakan para aparatur wilayah mulai dari Camat, Lurah dan tentunya untuk turut berpartisipasi aktif menyukseskan Bogor Kota Layak Anak.

“Disini kami evaluasi kinerja, apa saja yang menjadi kekurangan di 2017 untuk kemudian diperbaiki di 2018,” ujarnya saat ditemui di Kantor Kecamatan Bogor Barat, Jalan Darul Quran, Kota Bogor, Selasa (20/03/2018).

Dari hasil evaluasi, lanjut Artina, apa yang menjadi kekurangan sebenarnya tidak terlalu fatal. Misalnya saja belum adanya tangga bagi pengguna kursi roda di puskesmas, masih ditemukan furniture yang tajam, ditemukan puntung rokok di tempat bermain anak dan belum maksimalnya lampu di taman bermain anak. Sehingga, dirinya optimis Kota Bogor bisa meraih predikat Madya.

“Jadi tidak hanya meningkatkan kinerja Gugus Tugas Kota Layak Anak tetapi Pemkot juga berusaha meningkatkan sarana dan prasarananya, seperti menambah tempat bermain anak baik di wilayah ataupun tempat pelayanan agar lebih memadai sehingga anak-anak bisa tumbuh kembang dengan aman, nyaman, mandiri dan sehat,” jelasnya.

Sementara itu, Koordinator Divisi Pusat Kajian Gender dan Anak IPB Prof. Ikeu Tanziha menilai predikat Kota Layak Anak di Kota Bogor ini sudah cukup bagus, hanya saja ia mengharapkan agar terus ada perkembangan lebih baik dari sebelumnya. Di mulai dari peningkatan SDM-nya dengan memahami apa yang menjadi hak anak dan perlindungan anak, menambah fasilitas untuk anak, menerapkan sekolah, puskesmas, dan jalan raya ramah anak.

“Komitmen dari Pemerintah dan masyarakatnya sudah bagus, tapi tetap harus berjuang terus untuk menjadi kota layak anak dengan predikat Madya,” jelasnya. []Admin



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *