Pemkot Bogor Dukung Pengembangan Warung Anak Sehat

Pemkot Bogor Dukung Pengembangan Warung Anak Sehat

BOGOR-KITA.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor akan memberikan dukungan program Warung Anak Sehat (WAS) di SD Kota Bogor yang diselenggarakan CARE International Indonesia.

“Kami secara konsisten mendukung dan melanjutkan program ini. Kedepan akan kita bentuk tim yang terdiri dari dinas-dinas terkait untuk mendukung sehingga akan lebih efektif menjadi sebuah hasil kerja bareng,” ujar Sekretaris Daerah (Sekda)  Kota Bogor Ade Sarip Hidayat saat menerima rombongan CARE International Indonesia di Paseban Surawisesa, Balaikota Bogor, Kamis (03/05/2018) siang.

“Yang utama kami meminta Standar Operasional Prosedur (SOP) program WAS untuk didiskusikan lebih lanjut. Misalnya bisa melalui rakor Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) dengan melibatkan semua unsur dinas terkait,” jelas Ade.

Sebelumnya Koordinator Warung Anak Sehat (WAS) Wilayah Bogor Ahmad Salim menerangkan, program Warung Anak Sehat yang telah dijalankan di wilayah Bogor akan lebih dikembangkan dengan melibatkan sekolah lain di Kota Bogor.

“Saat ini kami mencoba mengembangkan program ini,” katanya.

Dengan pengembangan melalui sosialisasi Warung Anak Sehat diharapkan dapat merubah perilaku jajan anak Sekolah Dasar khususnya.

“Sekolah Dasar kami pilih karena usia mereka yang masih rentan, disamping usia yang bisa berkembang secara optimal. Saat ini kami mengintervensi 70 SD di Kota Bogor yang telah menjadi mitra program kami,” ujar Ahmad Salim.

Kedepan program Warung Anak Sehat akan didukung Pemkot Bogor melalui dinas-dinas terkait. Menurutnya implementasi Warung Anak Sehat yang telah dijalankan berupa edukasi dan himbauan serta pengetahuan kepada para siswa, salah satunya dengan memberi pelatihan kepada ibu pengelola kantin.

“Pendekatan yang kami lakukan lebih kepada pemberdayaan kepada ibu kantin. Secara umum kami memberi pemahaman jajanan sehat adalah jajanan tanpa pengawet, tanpa pewarna atau zat berbahaya lainnya bagi tubuh,” kata Ahmad Salim yang hadir bersama Project Manajer Warung Anak Sehat Handayani Sagala yang juga menerangkan mengenai Standar Operasional Prosedur (SOP)  program WAS.[]Admin



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *