Pagelaran Wayang Bambu Icon Kota Bogor

Pagelaran Wayang Bambu Icon Kota Bogor

BOGOR-KITA.com – Wakil Wali Kota Bogor Usmar Hariman membuka resmi Pagelaran Wayang Bambu dengan tema Lingkungan Hidup di lantai 2 Botani Square Bogor, Rabu (29/3/2017). Usmar berharap pagelaran ini dapat dikenalkan lebih luas.

Dalam sambutannya Usmar berharap pagelaran ini merupakan langkah awal momentum mensosialisasikan wayang bambu khas Kota Bogor yang menceritakan diluar konteks wayang sesungguhnya. Ki Dalang Drajat akan mempersembahkan sebuah alur cerita terkait dengan masalah lingkungan hidup, namun dua minggu yang lalu di Taman Expresi Sempur Ki Dalang Drajat juga mempersembahkan peragaan wayang bambu dengan menceritakan bagaimana bahaya narkoba.

Menurut Usmar hasil karya kebudayaan itu tidak hanya bisa diperagakan, dilihat dan ditonton saja, tetapi dari karya-karya kebudayaan itu harus betul-betul bisa dipahami menjadi tuntunan dalam kehidupan sehari-hari bagi semua yang melihat, mendengar dan menyaksikan.

“Untuk itu, kami dari Pemerintah Kota Bogor sangat mengapresiasi dan mendukung langkah-langkah yang dilakukan oleh Ki Dalang Drajat Saparakanca dengan seluruh jajarannya. Mudah-mudahan ini adalah selain menjadikan karya-karya budaya asli Kota Bogor yang nanti cita-citanya menjadi sesuatu yang bisa tampil ditingkat Provinsi juga tampil secara nasional,” harap Usmar.

Ketua Dewan Kesenian Kebudayaan Kota Bogor (DK3B) itu menilai, Pagelaran Wayang Bambu dapat mendunia hingga karya-karyanya akan menjadi cinderamata khusus dari Kota Bogor untuk wisatawan manca negara yang datang ke Kota Bogor.

Sementara itu, Ketua Paguyuban Bakatul (Bakti Ksatria Tauladan) Gatut Susanta mengungkapkan, penyelenggaraan Pagelaran Wayang Bambu dan seni budaya sunda ini dari Paguyuban Bakatul ini adalah mencoba memasukan budaya Sunda di setiap acara Mall, Hotel yang ada di Kota Bogor. Sebab, selama ini belum ada acara seperti yang sudah dilakukan di Bali dan Jawa Tengah.

“Makanya di Kota Bogor kami mulai dari wayang bambu, karena wayang bambu ini asli dari Bogor sebagai icon. Nanti akan ada regulasi dari Pemerintah Daerah untuk mengimbau Hotel dan tempat lainnya supaya paling tidak weekend itu menampilkan budaya Sunda. [] Admin



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *