Kota Bogor coba menerapkan di salah satu hotel yang bisa dilengkapi label halal yakni Hotel Sahira, kata Kabag Administrasi Perekonomian Setda Tri Irijanto, di Bogor, Rabu (29/8/2018).

Kota Bogor Menuju Kota Wisata Halal

BOGOR-KITA.com – Kota Bogor menuju kota wisata halal. Hal ini yang melatarbelakangi prakarsa Bagian Administrasi Perekonomian Setda Kota Bogor menggelar rapat koordinasi (rakor) Wisata Halal di Bumi Gumati Resort Bogor, Rabu (29/08/2018).

Rakor diikuti sekitar 35 peserta yang merupakan perwakilan dari pelaku usaha, akademisi dan UMKM se-Kota Bogor.

Kepala Bagian (Kabag) Administrasi Perekonomian Setda Kota Bogor Tri Irijanto mengungkapkan, wisata halal cakupannya luas. Tidak hanya bicara soal travelnya, lokasinya, tempat wisatanya dan juga makanannya. Wisata halal sebetulnya lebih ditujukan kepada wisatawan.

Di Indonesia, dengan penduduk mayoritas muslim tanda-tanda halal itu tidak ada. Justru karena mayoritasnya muslim seharusnya tanda halal atau sertifikat halal.

“Kemudian  kenapa wisata kita kalah sama Malaysia, karena mereka sudah melangkah lebih maju karena sudah masuk daerah wisata halal yang labelnya ada di tempat-tempat umum. Beda dengan Indonesia, saat wisatawan muslim datang ke Indonesia mereka bingung, masuk hotel ini, masuk restoran halal atau tidak,” ujarnya.

Pihaknya berharap kepada pelaku usaha khususnya di Kota Bogor agar tanda wisata halal ini bisa muncul sehingga ketika wisatawan datang ke Bogor mereka tahu mana lokasi yang halal dan tidak.

Tri menyebutkan, seluruh tempat wisata di Kota Bogor jika dikemas secara baik bisa menjadi halal asal ada sertifikat atau tanda-tanda halal. Di Kota Bogor hingga saat ini belum ada label wisata halal.

Oleh sebab itu pihaknya mengundang narasumber dari pelaku pariwisata. Sedangkan berkaitan dengan halalnya mengundang pihak MUI.

“Kota Bogor akan coba menerapkan di salah satu hotel yang bisa dimunculkan, seperti Hotel Sahira. Botani Square saja sudah mendapatkan predikat tingkat nasional sebagai tempat pusat perbelanjaan wisata muslim,” katanya. [] Admin



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *