Kota Bogor Cetak Prestasi WTP dan Kembali Masuk Nominasi We Love Cities

Kota Bogor Cetak Prestasi WTP dan Kembali Masuk Nominasi We Love Cities

BOGOR-KITA.com – Rapat Paripurna Istimewa DPRD dalam rangka peringatan Hari Jadi Bogor (HJB) ke-536 digelar Minggu (03/06/2018) sore di Gedung DPRD Kota Bogor, Jalan Kapten Muslihat, Kota Bogor.

Suasana penuh khidmat menghiasi rapat paripurna yang di tahun ini kembali terlaksana bersamaan dengan bulan suci Ramadhan. Tak ayal tema HJB yang diusung tahun ini, yakni Geunah Tumaninah.

Plt. Wali Kota Bogor Usmar Hariman mengatakan, pada peringatan HJB tahun ini, Kota Bogor mendapat kado istimewa dengan diraihnya kali ke dua pengakuan prestisius. Yaitu predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Bogor 2017.

“Hal ini tentunya menjadi catatan sejarah tersendiri yang patut disyukuri karena dalam dua tahun berturut-turut Kota Bogor memperoleh predikat WTP dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI,” ujarnya.

Ia menuturkan, penilaian tersebut sesungguhnya merupakan sebuah pengakuan atas keberhasilan Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor di dalam mengelola APBD berdasarkan prinsip tata kelola keuangan daerah yang akuntabel, transparan, efektif dan efisien.

Diakuinya, bahwa keberhasilan tersebut memang belum dapat mencerminkan keberhasilan menyeluruh Pemkot Bogor. Terutama terkait pengelolaan semua program dan kegiatan pembangunan dan penyelenggaraan pemerintahan daerah sepanjang 2016 dan 2017.

“Namun dengan diraihnya WTP dua tahun berturut-turut ini setidaknya ada capaian lebih baik atau peningkatan pada kinerja Pemerintah Kota Bogor di dalam melaksanakan semua program dan kegiatan pembangunan dan penyelenggaraan pemerintahan daerah,” imbuhnya.

Selain tercapainya WTP, lanjut Usmar, capaian lebih baik tercermin pula dari penilaian yang diberikan pemerintah terhadap Kota Bogor melalui Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKIP) 2016. LKIP Kota Bogor 2016 dinilai lebih baik oleh pemerintah dibanding tahun sebelumnya, mengingat predikat LKIP sebelumnya hanya CC menjadi B untuk 2016.

“Peningkatan kinerja yang terus diupayakan merupakan sebuah ikhtiar, untuk menuntaskan jalannya semua program dan kegiatan yang telah dirumuskan Pemerintah Kota Bogor di  dalam RPJMD Kota Bogor Tahun 2014-2019 yang telah dirangkum di dalam 6 langkah prioritas,” terangnya.

Dirinya menambahkan, di tahun ini pun, kota yang paling dicintai ini kembali masuk nominasi The Most Loveable City In The World untuk kali ke dua. Setelah sebelumnya di 2015 atas dukungan seluruh warga Kota Bogor, sukses meraih predikat tersebut. Tentu, ini menjadi salah satu kesempatan terbaik bagi Pemerintah Kota Bogor untuk kembali memperkenalkan Bogor dengan segala keramahan warganya, kekayaan budaya dan sejarahnya kepada entitas dunia.

“Pada kesempatan yang baik ini, saya ingin mengajak seluruh elemen masyarakat dan warga Bogor seluruhnya, untuk mengkampanyekan Bogor sebagai The Most Loveable City In The World dengan menggunakan tagar #welovebogor pada setiap postingan di media sosial,” pungkasnya. []Admin




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *