Jalur LRT Jagorawi - Bogor

Kabupaten Bogor Terus Diserbu Pendatang

BOGOR-KITA.com – Kabupaten Bogor terus diserbu pendatang. Hal ini karena geografinya yang berbatasan dengan Jakarta, Bekasi, Tangerang, dan Cianjur. Selain itu, juga karena keberadaan Kota Jakarta yang sangat padat, sehingga pembangunan perumahan, banyak merangsek ke arah Kabupaten Bogor yang memiliki lahan yang masih luas.

Saat ini, jumlah penduduk Kabupaten Bogor mencapai lebih 5 juta jiwa, yang tersebar di 40 kecamatan di areal seluas 2.071,21 km persegi. Jumlah ini menjadikan Kabupaten Bogor sebagai kabupaten dengan penduduk terbanyak di Indonesia.
Pertambahan penduduk ini tidak semata-mata karena faktor kelahiran, melainkan juga karena perpindahan penduduk dari daerah lain lain.
Sejak masa Orde Baru misalnya, banyak pendatang yang memilih Kabupaten Bogor karena lokasinya yang tak jauh dari Jakarta. Kebanyakan pendatang ketika itu berasal dari suku Jawa.

Bahkan di Kecamatan Cibinong populasi orang Jawa mencapai 32% dan di Kecamatan Gunung Putri 30%. Sementara di Kecamatan Sukamakmur dan Kecamatan Tanjungsari populasi orang Jawa masih di bawah 3%.

Secara keseluruhan etnis Sunda di seluruh Kabupaten Bogor saat ini, menjadi 69 perrsen, sementara etnis Jawa mencapai 21 persen, Betawi mencapai 4 persen, sedang 6 persen sisanya berasal dari etnis lain seperti Batak, China dan lain sebagainya.
Penggunaan Bahasa Sunda pada umumnya mendominasi seluruh kecamatan di bagian selatan Kabupaten Bogor. Sementara penggunaan bahasa Betawi mendominasi hampir seluruh kecamatan yang berbatasan dengan Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi, Kota Depok, Kota Tangerang dan Kabupaten Tangerang.

Pembangunan sarana transportasi berupa jaringan kereta ringan (light rail transit/LRT) yang menggunakan lahan Jalan Tol Jagorawi, saat ini sudah mencapai Cibubur. Presiden Joko Widodo meminta agar pembanguan kjaringan LRT dari Cibubur ke Bogor dapat diselsaikan tahun 2018 atau 2019.

Koridor Cibubur-Bogor merupakan satu dari enam jalur LRT yang akan dibangun. Koridor Cibubur-Bogor sepanjang 30-31 kilometer dengan empat stasiun, yakni Cibinong, Sentul Sirkuit, Sentul City, dan Baranangsiang.

Selesainya jaringan LRT sampai ke Baranangsiang Bogor, diyakini akan membuat (terutama Kabupaten Bogor yang masih luas) semakin seksi, bagi pendatang. Ini membuat Kbaupaten Bogor akan semakin diserbu pendatang dalam jumlah yang besar lagi. Hal ini sekalihus akan membuat penduduk Kabupaten Bogor akan semakin cepat bertambah dan semakin heterogen. [] Admin




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *