Janet Yellen, 1 dari 2 Wanita Paling Berkuasa di Bumi

Jannet Yellen, Ketua Dewan Gubernur Bank Sentral AS,

BOGOR-KITA.com – Bagaimana rasanya menjadi manusia paling berkuasa di bumi? Hanya mereka yan memiliki predikat yang berkuasa yang paling mengerti. Siapa saja manusia paling berkuasa di bumi itu? Ini 10 daftarnya yang dirilis Forbes, Selasa (10/11/2015). Dua di antaranya wanita.

Presiden Rusia, Vladimir Putin berada di urutan nomor satu paling berkuasa. Putin membuktikan dirinya sebagai satu dari segelintir manusia di bumi yang bisa melakukan apapun sesukanya tanpa perlu takut mendapat hukuman. Kisruh di Krimea dan Ukraina Timur, serta keterlibatan Rusia di Suriah adalah bukti kekuasaan nyaris tak berbatas milik orang nomor satu di Kremlin tersebut. Untuk itu Forbes mendaulatnya sebagai manusia paling berkuasa sejagad.

Kanselir Jerman yang juga Ketua Partai Uni Demokratik Kristen Angela Merkel berada di urutan nomor dua paling berkuasa di dunia. Kepadanya Eropa bergantung. Angela Merkel tidak cuma sukses menata kekuasaan panjang selama tiga periode di Jerman, negara yang menopang perekonomian Eropa, tetapi juga memimpin benua biru itu melawan resesi ekonomi, kebangkrutan Yunani dan krisis pengungsi. Karena itulah Merkel didaulat sebagai perempuan paling berkuasa di dunia untuk sepuluh tahun terakhir.

Presiden Amerika Barack Obama berada di urutan nomor tiga paling berkuasa di bumi. Biasanya rangking nomor satu dalam daftar Forbes sudah dipesan oleh siapapun yang menjabat kepala negara Amerika Serikat. Tapi posisi Barack Obama tahun ini membuktikan melemahnya pengaruh penguasa Gedung Putih itu di tahun terakhir masa kekuasaannya. Ia tidak cuma kehilangan suara dalam banyak isu di Eropa, melainkan juga kehilangan taring di Timur Tengah berkat campur tangan Vladimir Putin.

Paus Fransiskus, orang nomor satu di Vatikan ini belum lama berkuasa, namun telah menggulirkan transformasi yang mengubah wajah gereja Katholik untuk selamanya. Ia menjadi Sri Paus pertama yang bersikap terbuka terhadap isu sensitif seperti pernikahan sesama jenis, perubahan iklim, aborsi dan peran perempuan dalam masyarakat. Atas hal itu dia didaulat menjadi orang palong berkuasa di dunia uruta empat.

Ketika angkatan laut Amerika Serikat melintasi Laut Cina Selatan dengan armada pasifiknya, Xi Jinping dengan ringan mengklaim bahwa wilayah laut yang menjadi jalur nadi perekonomian dunia itu adalah milik Cina. Oleh pengamat, pria yang pernah menjadi buruh pabrik di usia 10 tahun itu didaulat sebagai pemimpin Cina paling berkuasa sejak era Mao Zedong. Forbes mendaulatnya sebagai orang paling berkuasa urutan kelima di bumi.

Pemilik Microsoft, Bill Gates ini masuk dalam daftar mahluk paling berkuasa di dunia urutan keenam bukan karena produknya yang kini menggerakkan lebih dari separuh komputer di muka bumi, melainkan karena tidak-tanduknya dalam memerangi kemiskinan. Bill dan isterinya Melinda, menganggarkan hampir 30 milyar Dollar AS buat kegiatan sosial dan penelitian medis demi kaum yang tidak mampu.

Janet Yellen berada di urutan ketujuh paling berkuasa di muka bumi. Apa hebatnya? Kata-katanya bisa membuat ribuan pelaku saham dan perbankan kalang kabut atau jatuh bangkrut. Sebagai perempuan pertama yang menjabat Ketua Dewan Gubernur Bank Sentral AS, Federal Reserve, Janet Yellen ikut mengatur dan mengarahkan perekonomian global. Yellen sekaligus satu dari dua wanita dalam daftar 10 orang paling berkuasa di muka bumi.

Perdana Menteri Inggris David Cameron nomor urut kedelapan. David mencatat prestasi besar ketika membawa Partai Konservatif, Inggris  ke tangga kekuasaan setelah beroposisi selama 23 tahun. Kiprah perdana menteri Inggris itu tidak selalu bermandikan emas. Tetapi sikap kerasnya dalam berbagai hal berulangkali menyudutkan Eropa, entah itu soal pengungsi, ekonomi atau reformasi Uni Eropa.

Perdana Menteri India berada di urutan sembilan.  Sejak mengambil alih kekuasaan tahun lalu, Perdana Menteri India Narendra Modi terus memperluas pengaruhnya dan menjelma menjadi salah satu pemimpin dunia. Ia berambisi memodernisasi India lewat pembangunan infrastruktur dan pendidikan. Namun Modi mendapat tantangan besar menata kekuasaan di dalam negeri dengan pihak oposisi yang aktif merongrong pemerintahannya.

Larry Page menjadi manusia paling berkuasa urutan 10. Ini karena miliaran manusia di bumi menggunakan jasa mesin pencari yang diracik oleh Larry Page dan rekannya Sergey Brin. Page lebih dari sekedar Google. Ia kini memimpin perusahaan induk Alphabet yang menggawangi Google dan produk lainnya. Page bermimpi membawa Alphabet menjadi raksasa teknologi di bidang kecerdasan buatan, energi, teknologi informasi dan otomotif.  [] Admin



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *