Dinas PUPR Sigap Perbaiki Jalan Ambles di Sholeh Iskandar

BOGOR-KITA.com – Amblesnya sebagian jalan beton sedalam tiga centi meter di Jalan Sholeh Iskandar telah diperbaiki Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Bogor pada Jumat (08/09/2017) pagi. Meski Jalan Sholeh Iskandar merupakan jalan nasional, Dinas PUPR mengambil inisiatif untuk langsung memperbaiki setelah sebelumnya dilaporkan ke pusat (Kementerian PUPR)

“Kita perbaiki dengan dana pemeliharaan Dinas PUPR,” ujar Kepala Bidang Pemeliharaan Jalan pada Dinas PUPR Kota Bogor Herman Rusli saat ditemui di kantornya, Jumat (8/9/2017).

Herman mengatakan, dengan kerusakan yang tidak terlalu besar atau hanya di titik-titik tertentu maka tidak bisa langsung diperbaiki oleh pusat. Pasalnya, sistem pemeliharaan untuk jalan nasional di tingkat pusat itu sudah diserahkan kepada pihak ketiga (kontraktor-red). Sehingga ketika dilaporkan ke pusat pun, dari Kementerian PUPR akan dilaporkan kembali kepada kontraktornya.

“Jadi kalau hanya sedikit tidak akan diperbaiki, karena pemeliharaanya per kilo meter. Seperti yang sedang dilakukan betonisasi di jalan Abdullah Bin Nuh yang merupakan jalan nasional,” terangnya.

Ia melanjutkan, amblesnya jalan yang berada di jalan Sholeh Iskandar diperkirakan karena adanya penurunan tanah yang labil. Biasanya terjadi karena saat pengerjaan ada perlakukan berbeda pada tanah sehingga di beberapa titik ada yang mudah bergeser. Hal lainnya juga bisa disebabkan karena drainase air yang buruk dan banyaknya kendaraan berat yang melintasi jalan tersebut.

“Musuh jalan itu ya air, banyak jalan yang rusak karena dari drainasenya yang buruk,” sebut Herman.

Sekedar informasi, Jalan Nasional di Kota Bogor panjangnya 20 Km, yakni mulai dari Jalan Dramaga IPB, Jalan Abdullah Bin Nuh, Jalan Sholeh Iskandar sampai ke ujung Jalan Baru, Jalan Ciluar, Jalan Pajajaran, Jalan Tajur sampai ke Ciawi. Sementara Jalan Provinsi di Kota Bogor panjangnya 11 Km mulai dari bundaran Ekalokasari, Jalan Sukasari, Jalan Lawang Gitung, Batu Tulis, Jalan Pahlawan, Empang, Jalan Ir H. Djuanda, Jalan Sudirman, Jalan Pemuda, sampai ke jambu dua. []Admin




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *