Jembatan Satu Duit

Bogor Tempo Doeloe: Dulu Jembatan De Witte, Sekarang Jembatan Satu Duit

BOGOR-KITA.com – Jembatan Duit, letaknya persis di sebelah kiri Plazza Jambu Dua, Kota Bogor. Jembatan ini akan dilewati setiap kali melitas dari Plaza Jambu dua ke arah Jalan Achmad Yani. Jembatan ini sekarang sudah tmpak modern, tidak berbeda dengan jembatan di daerah lain pada umumnya.

Jembatan yang berfungsi cukup vital bagi Kota Bogor ini sudah ada sejak jaman Belanda. Pada tahun 1880 jembatan ini disebut jembatan kembar. Karena aliran Sungai Ciliwung di bawahnya terbelah dua membelah sungai. Mungkin itu pula yang melatari nama “dua” pada Jambu Dua.

Jembatan ini runtuh sekitar tahun 1960-an dan diganti menjadi jembatan seperti sekarang ini dengan nama Jembatan Duit.

Mengapa disebut Jembatan Duit? Menurut mitos dan cerita-cerita dari penduduk setempat, asal-usul jembatan satu duit adalah karena pada jaman dahulu, daerah tempat jembatan ini termasuk daerah yang sangat angker. Siapa pun yang melewati jembatan ini harus melemparkan satu uang receh terlebih dahulu ( istilahnya palumpang-lumpang atau minta izin :red ).

Begitu juga dengan siapa saja yang mempunyai permintaan atau keinginan maka mereka bisa menyebutkan apa keinginannya sambil melemparkan satu uang recehan ke aliran sungai di bawahnya. Dengan lemparan uang itu, maka permintaan terkabul.

Diduga karena lemparan satu uang itulah kemudian jembatan ini disebut jembatan satu duit. Walau pun dugaan kuat lainnya adalah karena masyarakat setempat mempermudah sebutan kata De Witte menjadi Satu Duit. [] Admin




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *