bima ppi paris-1

Bima Tandatangani MoU Sinergi dengan PPI Paris

BOGOR-KITA.com – Walikota Bogor, Bima Arya menyempatkan diri untuk bertemu dan berdiskusi dengan pengurus dan anggota Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Paris di Balai Budaya KBRI Paris pada Selasa (8/12/ 2015). Bima berkunuung ke Paris atas undangan menghadiri kegiatan Konferensi Perubahan Iklim PBB Ke-21 atau COP21 di Paris yang berlangsung 1-10 Desember 2015
Bima bercerita banyak tentang pengalamannya dulu sewaktu menjadi Ketua PPI Australia tahun 2002-2004, dan mengatakan bahwa PPI di seluruh dunia adalah kawah candra dimuka bagi pemimpin masa depan. “Kalian adalah generasi beruntung mendapatkan kesempatan untuk menimba ilmu, jangan sia-siakan kesempatam emas ini,” harapnya.
Pola pembangunan Kota Bogor saat ini dan masa yang akan datang, kata Bima, tidak luput dari pertanyaan mahasiswa Indonesia di Paris. “Bogor sedang berbenah mengurai beragam persoalan seperti tata ruang dan transportasi. Kita perlu melakukan banyak terobosan dengan ide-ide yang kreatif. Ide bisa datang darimana saja. Dari warga bogor atau dari para pakar,” urai Bima.
Keberadaan kaum intelektual Indonesia di Paris yang tergabung dalam PPI Paris dapat memberikan manfaat untuk membantu proses pengembangan kota-kota di Indonesia. “Saya mengundang teman-teman PPI untuk berkarya membangun kota-kota di Indonesia, kita bisa mulai dulu dengan Kota Bogor,” pintanya. Keseriusan itu ditandai dengan penandatanganan Kesepakatan Bersama Antara Pemerintah Kota Bogor dengan PPI Paris Tentang Program Pengembangan Dan Pembangunan Kota Bogor.
Ketua PPI Paris, Septa Pratama menyampaikan bahwa kerjasama tersebut merupakan langkah awal dan nyata PPI Paris untuk ikut serta berkontribusi dalam pembangunan daerah di Indonesia, yaitu dimulai dari Kota Bogor. “Setelah berdiskusi dan bernegosiasi dengan pihak Pemerintah Kota Bogor, telah disepakati suatu bentuk kerjasama antara Pemerintah Kota Bogor dan PPI Paris. Dalam perjanjian kerjasama tersebut terdapat empat bidang kerjasama antara Pemerintah Kota Bogor dan PPI Paris, yaitu, kajian di bidang transportasi, kebersihan, dan lingkungan hidup, membantu promosi perdagangan, kebudayaan & pariwisata, program magang di instansi Pemkot Bogor dan tukar informasi dan publikasi program kegiatan Pemkot Bogor dan PPI Paris,” jelasnya. PPI Paris dengan anggota-anggotanya yang memiliki kepakaran diberbagai bidang,sambung Septa, bisa melakukan kajian yang kemudian direkomendasikan ke Pemerintah Kota Bogor. “Ketika musim libur Pemkot membuka pintu bagi aktivis PPI untuk magang di Kota Bogor sesuai dengan bidang yg diminati,” jelasnya. [] Admin




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *