FOTO 1-3

Bima Minta Dibuat Aplikasi Pemantau Harga Sembako

BOGOR-KITA.com – Setelah mampu memantau arus lalu lintas dan titik kemacetan, kini Walikota Bogor Bima Arya meminta agar dibuat aplikasi pemantau harga sembako di gawainya. Tujuannya agar ia bisa mengecek kebutuhan pokok secara periodik. Mulai dari harga sembako, stok komoditi, hingga distribusinya. Aplikasi ini nanti akan dibuat Kantor Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Bogor yang dikordinasikan dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) dan Perusahaan Daerah Pasar Pakuan Jaya (PD PPJ) Kota Bogor.
“Aplikasi ini sebagai cara mengendalikan harga sembako di pasar agar selalu terpantau,” ujar Bima seusai Safari Ramadhan di Disperindag Kota Bogor, Rabu (15/06/2016).
Bima menuturkan, hasil sidak pasar Bogor pada Senin, 13 Juni 2016 lalu naik dan turunnya harga dipengaruhi beberapa faktor. Diantaranya pola konsumsi masyarakat yang berubah, gagal atau suksesnya panen, dan pemerataan distribusi pasokan.
“Ketika nanti sudah ada aplikasi pemantau harga saya bisa langsung mengetahui perkembangan harga dipasaran dan bisa langsung berkordinasi,” jelas Bima.
Selama Ramadhan, lanjut Bima, ia memang biasa melakukan Safari Ramadhan ke dinas, kecamatan hingga kelurahan. Pada safarinya ke Disperindag, ia meminta untuk terus memantau telur busuk yang beberapa waktu lalu ditemukan. Karena ternyata produsen telur busuk tersebut berlokasi di Kabupaten Bogor yang ditengarai dipasok kepada tukang bakso.
“Saya juga mengecek anggaran yang terserap serta kegiatan yang berjalan ataupun yang akan berjalan di Disperindag,” beber Bima.
Sementara itu, Kepala Bidang Perdagangan Disperindag Kota Bogor Mangahit Sinaga mengatakan data dasar yang diperlukan sudah ada yakni harga, distribusi, ketersedian stok hingga informasi sentral sumber sembako. Laporan di aplikasi tersebut nantinya akan di-update setiap seminggu sekali. “Disperindag menyediakan data, Kominfo yang buat aplikasi. Dan untuk stok sembako di Kota Bogor aman terkendali sampai lebaran nanti,” pungkas Sinaga. [] Admin




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *