Bima Bekali Peserta Lomba Kesrak PKK KB Kesehatan

BOGOR-KITA.com – Ada empat hal yang ditekankan Wali Kota Bogor Bima Arya dalam persiapan Lomba Kesatuan Gerak (Kesrak) Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Keluarga Berencana (KB) dan Kesehatan tahun 2018.

Keempat hal tersebut dipaparkan Bima saat Rapat Koordinasi dan pencanangan Kesatuan Gerak (Kesrak) PKK KB Kesehatan tingkat Kota Bogor di aula Sekretariat PKK Kota Bogor, Jalan Perintis Kemerdekaan, Senin (24/9/2018).

Bima menyebutkan, hal pertama, lomba atau penilaian merupakan momentum bagi semua untuk mengevaluasi seluruh kebijakan dan koordinasi serta keluar dari jebakan-jebakan ceremonial atau prosedural.

“Mudah-mudahan kegiatan KB Kesehatan ini sesuai dengan substansinya, yaitu kesatuan gerak yang artinya semua bergerak fokus pada masalah kesehatan,” kata Bima.

Kedua, grand desain dari pembangunan Kota Bogor kedepannya harus sinkron satu sama lainnya. Semua harus fokus pada isu besar tentang ketahanan keluarga, yakni Kota Layak Anak dan ramah untuk keluarga. Jika tahun ini sudah meraih peringkat Madya mudah-mudahan tahun depan naik peringkat menjadi Nindya.

Ketiga, paradigma terkait dengan kesehatan. Bagaimana memandang strategi yang pas di bidang kesehatan antara fasilitas kesehatan dan pola hidup. Berdasarkan kajian bahwa bicara Kesehatan sebagian besar 70 persen itu adalah tentang membangun pola hidup, bukan di pengobatan atau di kuratifnya, tetapi di pola hidup atau preventif.

“Jadi itu pendekatan kita,” jelasnya.

Keempat, dia berharap dengan KB Kesehatan ini terjalin koordinasi rutin dari tingkat kota, kecamatan dan kelurahan untuk melakukan pemetaan persoalan-persoalan terkini. Artinya disinilah diperlukan akselerasi dari tingkat kota, kecamatan dan kelurahan dan dinas terkait untuk melakukan pemetaan melalui Dasawisma (kelompok ibu PKK).

Bima menilai Dasawisma ini luar biasa jika hidup dan aktif semua. Bisa akurat dalam soal angka dan jitu dalam konteks pendekatannya.

“Dari sini juga bisa diketahui apa yang perlu dikuatkan dalam komitmen dan hal ini sesuai dengan tema sekarang, yaitu tentang penguatan kemitraan. Semoga momentum ini bisa mengakselerasikan itu semua dan selamat kepada para pemenang lomba Kesrak PKK KB Kesehatan tingkat kota,” ujarnya.

Rapat Koordinasi dan Pencanangan Kesatuan Gerak PKK KB Kesehatan tingkat Kota Bogor tahun 2018 juga dihadiri Kepala dinas terkait, jajaran Camat dan Lurah se-Kota Bogor serta pengurus TP PKK Kota, Kecamatan dan Kelurahan. [] Admin



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *