Iwan Sulaiman Sulasmo-BK

Ade Yasin Diyakini Bisa Sejahterakan Rakyat Bogor Secara Revolusioner

BOGOR-KITA.com – Direktur Eksekutif Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Iwan Sulaiman Soelasno mengapresiasi tulisan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bogor yang juga calon Bupati Bogor Ade Yasin tentang Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang dimuat di BOGOR-KITA.com, Minggu (6/8/2017).

“Tulisan itu memperlihatkan Ade Yasin memahami filosofi BUMDes yang digagas Presiden Jokowi,” kata Iwan dalam siaran pers yang dikirim ke BOGOR-KITA.com Senin (7/8/2017).

Menurut Iwan, jika seorang bupati memahami secara mendasar peran strategis BUMDes, maka dengan sendirinya dia akan mengembangkan jiwa etrepreneurshipnya. Sebaliknya, jika bupati merespons BUMDes apa adanya, tanpa melihat peran strategisnya untuk mengentaskan kemiskinan dan lain sebagainya, maka peran BUMDes memang akan jalan di tempat. Kebijakan bupati malah akan menyandera kepala desa yang akibatnya banyak dana desa bocor.

“Karena itu, dalam kasus bocor dana desa, Apdesi langsung mengirim surat ke Kementerian Dalam Negeri dan meminta Mendagari mengevaluasi total tugas pemerintah kabupaten dalam pengelolaan dana desa. UU nomor 6 tahun 2014 tentang Desa perlu di revisi terbatas pada tugas dan fungsi Pemerintah Kabupaten. APDESI menganggap jangan – jangan praktik korupsi yang terjadi di Pamekasan sesungguhnya juga terjadi di Pemerintah Kabupaten lainnya di Indonesia,” kata Iwan.

Iwan menegaskan, jika seorang bupati memahami peran strategis dana desa dan BUMDes, maka tidak akan terjadi kebocoran dana desa. Sebaliknya, bupati akan merasa terdorong bersinergi dengan kepala desa dan bekerja lebih keras untuk mengembangkan BUMdes, karena tangung jawab bupati itu adalah mensejahterakan rakyatnya.

“Di tangan bupati banyak fasilitas yang bisa memperkuat BUMDes sehingga memang layak disebut sebagai gerakan revolusioner mengentaskan kemiskinan dan mensejahterakan rakyat. Tetapi, kalau bupati tidak memiliki jiwa entreprenuership, memang susah,” kata Iwan lagi.
Karena itu, aku Iwan, dirinya cepat tanggap terhadap tulisan Ade Yasin, berjudul “BUMdes Jembatan Emas Menuju Sejahtera.”

Delapan poin penting yang dikemumakan Ade Yasin dalam tulisannya, membuktikan Ade Yasin memiliki pamahaman filosofis mengenai BUMDes. “ Saya baca, Ade Yasin adalah calon Bupati Bogor. Dengan pemahamannya itu, maka jika terpilih, saya yakin dia akan menjadi bupati yang mampu mengentaskan kemiskinan dan mensejahterakan rakyat Kabupaten Bogor secara revolusioner,” tutup Iwan. [] Admin




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *