Kota Bogor

Ingin Juara , Kelurahan Sempur Tambah Jumlah Peserta Lomba Kebersihan

BOGOR-KITA.com – Kelurahan Sempur menambah jumlah peserta lomba kebersihan tingkat RT. Kali ini, ada RT 02 RW 04 yang memiliki mesin pencacah sampah siap menambah ramai persaingan lomba. Hal itu diungkapkan Lurah Sampur Haryanto yang ditemui di ruang kerjanya, pada Jumat (15/4/2016).
Menurut Haryanto, RT 02/04 sudah didaftarkan ke panitia untuk kriteria pemukiman tepi sungai. Sedangkan RT 01/05 yang menyusul didaftarkan adalah untuk kriteria perumahan terstruktur. “Jadi ke-dua RT inilah yang akan menjadi wakil Kelurahan Sampur di lomba kebersihan,” ujar Haryanto.
Mesin pencacah sampah ini menurut Haryanto sudah beroperasi kurang lebih 3 tahun. Dikelola oleh warga RT 02/04, mesin berfungsi untuk mencacah sampah khususnya sampah plastik. “Saat ini pencacah sampah baru sebatas melayani warga RT 02. Selain sampah plastiknya masih sedikit yang memanfaatkan hasil pencegahannya belum banyak,” terang Haryanto.
Mudah-mudahan dengan adanya pengolahan sampah plastik di wilayahnya,Kelurahan Sampur mendapat nilai plus. “Pada intinya bukan masalah menang kalahnya yang kami kejar, tetapi bagaimana memotivasi warga agar selalu menjaga kebersihan lingkungan,” tandas Haryanto.
Program Bogor Ku Bersih dicanangkan Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor dengan menyasar semua elemen masyarakat dari tingkat RT hingga pelaku usaha. Pelaku usaha seperti Mal, Hotel, Rumah Sakit, Restauran dan Pabrik juga bisa mengikuti lomba kebersihan demi mewujudkan Kota Bogor menjadi bersih.
Dari setiap kategori akan dipilih satu pelaku usaha dengan nilai tertinggi sebagai pemenang. Tak hanya lomba bagi pelaku usaha ada pula lomba TPS 3R yang sudah beroperasi di Kota Bogor sebelum 2015. Penilaian pemenang dilakukan dalam tiga tahap yakni seleksi administrasi, seleksi teknis, penilaian lapangan dari relawan. Sementara penjurian dilakukan oleh Tim Bogor ku Bersih.
Dua lomba lainnya, yaitu lomba inisiator (individu) dan lomba desain fasilitas pegelolaan sampah di tepi sungai. Untuk lomba inisitaor dibuka untuk seluruh penduduk Kota Bogor yang telah berkiprah dalam bidang pembinaan sampah di wilayah Kota Bogor. Pendaftaran dilakukan secara mandiri dengan mengisi formulir keikutsertaan yang dapat diperoleh di kelurahan, kantor DKP, maupun diunduh dari website www.bogorkubersih.id. [] Admin

Baca juga  Ade Sarip Optimis SMAN 2 Juara Lomba Sekolah Sehat Tingkat Jabar 2015
Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top