245

600 Penggalang Pramuka Dikenalkan Kekayaan Alam KRB

BOGOR-KITA.com – Sebanyak 600 anggota Pramuka Penggalang yang berkunjung ke Kebun Raya Bogor (KRB) menurut Penanggung Jawab Lomba Tingkat V (LT-V) Tahun 2017 Budi Prayitno memiliki banyak tujuan, diantaranya sebagai sarana untuk memperkenalkan salah satu kekayaan biodiversitas yang dimiliki bangsa Indonesia.

”Selama di Kebun Raya Bogor para peserta akan berkunjung ke museum yang ada, mengunjungi lokasi lain di KRB, sehingga nanti mereka melihat dan mencatat apa yang dilihat. Selain tentunya sebagai wisata bagi para peserta,” ujarnya.

Pada dasarnya kunjungan tersebut sambungnya untuk menambah wawasan, pemahaman kekayaan sumber daya biologi dan hayati Indonesia serta ilmu pengetahuan para peserta LT-V, khususnya yang berasal dari daerah lain yang baru pertama kalinya berkunjung ke Kebun Raya Bogor.

Untuk lebih mengenal apa saja yang ada di Kebun Raya Bogor, para peserta yang terdiri dari 66 regu pramuka penggalang putra dan puti dari 33 kwartir daerah (Kwarda) diberikan tugas secara khusus diberikan Wali Kota Bogor Bima Arya.

”Ini akan menjadi kenangan bagi para peserta sepanjang hidupnya,” kata Budi yang menjabat sebagai Wakil Ketua Kwarnas Bidang Pembinaan Anggota Muda Kwartir Nasional (Kwarnas).

Setelah melaksanakan kegiatan di KRB para peserta akan melanjutkan kegiatan di Cibodas untuk melaksanakan kegiatan Jelajah Rimba. Dalam kegiatan ini para peserta diajar untuk survival atau belajar bertahan hidup dialam terbuka selama satu malam dengan makanan mentah dan kayu sebagai perbekalan.

“Saat malam para peserta harus mampu menyalahkan api tanpa bantuan korek api. Keesokan pagi harinya semua peserta akan berkunjung ke Istana Cipanas, Cianjur dengan berjalan kaki sepanjang 2 kilometer,” sebutnya.

Melalui LT-V yang bertemakan Persaudaraan, Mandiri dan Prestasi diharapkan munculnya persaudaraan dalam keberagaman, melatih kemandirian yang berakhir dengan prestasi. “Jadi lebih ditekankan pada proses yang dijalani para peserta,” ujarnya.

Sekedar informasi, Lomba Tingkat V (LT-V) Tahun 2017 ini digelar selama satu pekan, mulai dari 22 hingga 28 Oktober 2017 di Cibubur. []Admin




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *